Grafik Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Respons Tenaga Kesehatan Masyarakat

Telah berlangsung Webinar Kesehatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Komisariat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Webinar ini mengusung tema “Grafik Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Respons Tenaga Kesehatan Masyarakat?”. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 11 Oktober 2020 yang berlangsung pada pukul 17.30 – 20.00 WIB dengan menggunakan media Zoom Cloud Meetings.

Webinar Kesehatan ini dihadiri oleh kurang lebih 90 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan berbagai daerah. Webinar ini menghadirkan Ferina Agustina Sinaga sebagai Host, Suparlan Lingga, SKM, MPH (Koordinator Sekretariat Kerja Sama RI-UNICEF, Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas) dan Intan Permata Hati Gea, SKM (Volunteer Penyidikan Epidemiologi Covid-19 Enumerator Field Assessment) sebagai Narasumber, dan Angelina Rohayani Sipahutar sebagai Moderator.

Suparlan Lingga, SKM, MPH

Webinar Kesehatan ini diawali dengan pemaparan materi oleh Bapak Suparlan Lingga, SKM, MPH dengan judul ‘RACING AGAINST TIME, Bagaimana Profesional Kesmas Menyikapi Peningkatan Kasus Covid-19?’.

Diawali dengan menjelaskan gambaran umum mengenai family virus corona, 4 genus yang ada di dalamnya, kapan coronavirus ditemukan, dan coronavirus apa saja yang menginfeksi manusia. SARS-CoV-2 adalah salah satu coronavirus yang menginfeksi manusia dan saat ini dikenal dengan Covid-19. Virus ini merupakan virus baru yang sekarang menjadi pandemi (level tertinggi dalam kedaruratan kesehatan).

BACA JUGA:  Optimis, Pemprov Targetkan 95% Anak di Jatim Ikut Imunisasi Campak

Juga dijelaskan pada materi pertama mengenai grafik kasus peningkatan covid-19 yang sudah mencapai 333.449 kasus yang positif, 255.027 yang sembuh, dan 11.844 yang meninggal dunia. Disampaikan bahwa gambaran yang sebenarnya mengenai peningkatan kasus covid-19 tersebut bisa lebih detail lagi dilihat dari perbandingan kapasistas testing molekuler Indonesia dengan beberapa negara lain.

RACING AGAINST TIME, Bagaimana Profesional Kesmas Menyikapi Peningkatan Kasus Covid-19

Ada beberapa manajemen kesehatan yang disampaikan untuk menghadapi kasus Covid-19, yaitu dengan melakukan karantina/isolasi, pemantauan, pemeriksaan spesimen, penyelidikan epidemiologi, serta komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat. Upaya pemerintah dalam jangka waktu pendek, menengah, dan jangka waktu panjang juga disampaikan oleh Pak Suparlan Lingga.

Di akhir pemaparan menjelaskan peran tenaga kesehatan masyarakat di masa pandemi ini. Tenaga kesehatan masyarakat saat ini merupakan garda terdepan, sedangkan tenaga medis berada di garda belakang, pasukan terakhir untuk menangani covid-19.

Intan Permata Hati Gea, SKM

Materi kedua disampaikan oleh kak Intan Permata Hati Gea, SKM. Diawali dengan games singkat untuk menguji pengetahuan umum para peserta webinar, selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan tema yang sama dengan tema webinar dan juga menjelaskan tentang peningkatan kasus covid-19 yang terjadi di Sumatera Utara.

Sebagai volunteer covid-19 sudah pasti ia banyak menjelaskan tentang keadaan Covid-19 di lapangan saat ini. Banyak sekali keluhan yang ia terima di lapangan, yaitu masyarakat yang diisolasi selama 4 bulan dan belum diizinkan untuk keluar rumah, ibu yang sedang mengandung selama 6 bulan tetapi terkena covid-19 terus bertanya kepada volunteer apakah dia sudah sembuh atau belum, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Cegah PTM, Puskesmas Ujung Loe Gandeng Yamaha Motor

Kak Intan sendiri sudah turun ke banyak kabupaten di Sumatera Utara, seperti Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kota Binjai, Kabupaten Serdang Bedagai, Kantor Bea Cukai Bandara Kualanamu, Kabupaten Humbang Hasundutan, dan masih banyak lagi.

Pada saat menjadi volunteer covid-19 di Kabupaten Simalungun, ia dan teman-teman lainnya melakukan uji tes imun dan penyelidikan epidemiologi  kurang lebih terhadap 500 orang. Di akhir pemaparan materi, ka Intan menegaskan sekali lagi betapa pentingnya kesehatan karena kesehatan adalah investasi berharga untuk masa depan.

Grafik Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Respons Tenaga Kesehatan Masyarakat

Setelah pemaparan dari kedua narasumber, dilanjut dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab dibuat dua sesi dan setiap sesi diberikan kesempatan untuk 3 pertanyaan serta ditujukkan untuk narasumber yang mana agar pertanyaannya mendapatkan jawaban yang lebih spesifik. Pertanyaan yang diberikan melebihi batas dikarenakan antusias para peserta dan juga keingintahuannya terhadap permasalahan Covid-19 saat ini.

Acara webinar kesehatan ini diakhiri oleh kesimpulan singkat oleh moderator mengenai poin penting yang disampaikan oleh kedua narasumber. Tetap lakukan jaga jarak, berpergian dengan menggunakan masker, dan selalu cuci tangan kapanpun dimanapun penting dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Moderator juga mengingatkan untuk mengisi formulir evaluasi agar menjadi evaluasi bagi narasumber pertama dan kedua, moderator, dan pastinya evaluasi terhadap kegiatan webinar itu sendiri. Sebelum dibuka dan ditutup, dilakukan doa dengan doa kristiani sebagai bentuk simbolis organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia.

Medan, 11 Oktober 2020
Ferina Agustina Sinaga
PK GMKI FKM USU
M.b 2019-2020
UOUS
Shalom

Sharing is caring!

(Visited 41 times, 1 visits today)