Grand Final Duta Genre DIY 2019, Remaja Harus Berkualitas
Duta Genre DIY diharapkan menjadi role model untuk remaja lain khususnya teman sebaya, dengan cara remaja harus diberi edukasi dan informasi agar menjadi remaja yang berkualitas.

Sabtu (3/8), BKKBN menyelenggarakan Pemilihan Duta Genre DIY yang dilaksanakan di Ballroom Grand Dafam Rohan Hotel, Yogyakarta. Pemilihan Duta Genre kali ini mengangkat tema ”Menyiapkan Pribadi Kawah Candradimuka di Era Digital” dengan opening persembahan tarian dari ke-30 finalis Duta Genre DIY 2019 yang membuat acara semakin meriah.

Dalam Pemilihan Duta Genre DIY 2019, diharapkan seluruh finalis menjadi role model untuk remaja lain khususnya teman sebaya, dengan cara remaja harus diberi edukasi dan informasi agar menjadi remaja yang berkualitas.

Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si

Acara ini sangat diapresiasi oleh Sekretaris Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi dalam sambutannya yang diwakili oleh Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si selaku Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, harapannya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan sosialisasi Genre terhadap remaja.

“Mereka dapat berproses, bermanfaat sehingga berkiprah dalam masyarakat dan menyebarkan virus-virus Genre. Kota Jogja ini adalah kota pelajar dimana semua mahasiswa banyak datang dari luar Jogja sehingga banyak kemajuan yang datang dari luar sehingga teman-teman remaja sangat rentan karena pergaulan bebas itu justru masuk dari budaya luar. Harapannya teman-teman yang terpilih menjadi Duta Genre DIY ini dapat menjadi fasilitator bagi teman-teman antar daerah”, ungkap Joni Prasetyo selaku Ketua Forum Genre DIY.

Joni Prasetyo selaku Ketua Forum Genre DIY

Duta-duta yang ada di Yogyakarta turut memeriahkan acara Pemilihan Duta Genre malam ini karena dihadiri oleh Dimas dan Diajeng Bantul, Dimas dan Diajeng Gunung Kidul, Koko dan Cici Jogja, Duta Bahasa DIY, Miss Bantul Pendidikan, Duta HIV, Duta Remaja Sehat, Duta Remaja Genre Kota Yogyakarta, dan Duta Genre DIY 2018 jalur pendidikan dan masyarakat.

Duta Genre DIY 2018 turut menyampaikan pesan kepada seluruh finalis agar bisa membanggakan kota Yogayakarta sampai tingkat nasional. “Berjuang” “Loyalitas” “Nggetih”“Keluarga”, satu kata yang disampaikan oleh Duta Genre DIY 2018.

“Kegiatan Duta Genre ini sangat luar biasa, kita dididik untuk disiplin, saling menghargai, toleransi satu sama lain, kita berusaha untuk menjadi yang terbaik dan yang terpenting adalah menjadi manfaat bagi orang lain” kesan Fachri Muzaki sebagai Juara 1 Duta Genre DIY 2019, ia juga berpesan untuk remaja lain khususnya yang ada di Yogyakarta agar memanfaatkan masa remaja yang singkat supaya dapat berguna baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Maulida Anita Putri, Juara 1 Duta Genre DIY 2019

Maulida Anita Putri, sebagai juara 1 Duta Genre DIY 2019 juga mengungkapkan bahwa selama kegiatan pemilihan Duta Genre ini sangat istimewa karena dapat menambah ilmu, teman, pelajaran dan bisa menginspirasi remaja lain. “Jangan melakukan hal-hal negatif, mari berperilaku positif dan menjadi remaja yang produktif”, pesan Maulida.

Drs. Didik Sudarmadi, sebagai wakil dari BKKBN Sub. Bidang Bina Ketahanan Remaja juga berharap para pemenang mampu dan mau diajak mensosialisasikan program Genre di kalangan remaja, dimana tantangan remaja saat ini diantaranya pernikahan dini tinggi, NAPZA, pemahaman kesehatan reproduksi yang rendah menjadi tanggung jawab remaja, karena hampir 70% remaja curhat kepada teman sebaya maka diadakan Genre ini agar ada tempat yang tepat melalui kegiatan PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling – Remaja).

Genre DIY 2019


Tim Reporter:

  • Hanifatul Mukaromah
  • Charista Millenia Bintari

Tim Fotografer

  • Habib Burhannudin
  • Esti Rahayu

Sharing is caring!

(Visited 243 times, 1 visits today)