HAKLI Kota Pangkalpinang Bersama Dinas Kesehatan Melakukan Pengawasan Jajanan Puasa

Pangkalpinang, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Pangkalpinang, Bersama Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Kamis (07/04/2022) melakukan pengawasan dan pengambilan sampel Makanan jajanan berbuka puasa (Takjil).

Hal ini dilakukan untuk memastikan makanan makanan tersebut aman dikomsumsi oleh masyarakat dan bebas dari kandungan berbahaya.

Ketua HAKLI Pangkalpinang, Edy Candra Kusuma menyatakan pengawasan dan pengambilan sampel makanan jajanan ini meliputi uji kimiawi, mikrobiologi ,higine sanitasi makanan dan sosialisasi kemanan pangan bagi para pedagang,” ungkapnya.

HAKLI Kota Pangkalpinang Melakukan Pengawasan Jajanan Puasa

Dari hasil pengawasan tersebut untuk uji kimiawi semua terbebas dai para meter bahan kimia yang sering disalah gunakan seperti formalin dan boraks serta perwarna buatan, sedangkan untuk uji mikrobiologi berupa bakteri e coli, pemeriksaan ini dilakukan oleh laboraturium kesehatan daerah kota Pangkalpinang dan hasilnya akan keluar beberapa hari kedepan.

BACA JUGA:  STBM, Puskesmas Senyerang Wujudkan Masyarakat Bebas BABS Lewat Arisan Jamban

Selain itu kita juga mengedukasi para pedagang menyangkut sanitasi, pengelolahan dan penjualan pangan, semoga hasil uji sampel menyatakan negatif terhadap zat berhaya dan bakteri.

(Visited 48 times, 1 visits today)