Hari Bumi 2019, PMKM Adakan Kerja Bakti dan Bersih Lingkungan
Memperingati Hari Bumi 22 April, PMKM STIKes Surya Global Yogyakarta mengadakan kegiatan ”Kerja Bakti dan Senam Akbar” bersama 21 April 2019 lalu.

Dila Nuranisah

Ketua PMKM STIKes Surya Global Yogyakarta

Latest posts by Dila Nuranisah (see all)

Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) STIKes Surya Global Yogyakarta mengadakan kegiatan ”Kerja Bakti dan Senam Akbar” bersama mahasiswa di lingkungan kampus STIKes Surya Global Yogyakarta dan sekitarnya, Minggu 21 April 2019 lalu. Kegiatan kerja bakti ini salah satu penggerak kepedulian terhadap sampah pada lingkungan tempat kita tinggal.

senam bersama hari bumi 2019

Kegiatan diawali dengan senam akbar yang dipimpin oleh instruktur Heri Juansyah, Rizal Fauzi dan Riskayani dari Divisi PSDM. Kemudian dilanjut dengan sarapan bersama. Selanjutnya pembukaan acara sambutan Ketua Panitia Heri Juansyah dan Ketua PMKM Dila Nuranisah sekaligus simbolis penyerahan poster Hari Bumi, dilanjutnkan pengarahan pembagian titik titk kerja bakti. MC acara kali ini diambil dari staff magang PSDM, Hadi Ariyanto dan Khusnul Mar’iyah.

Kegiatan kerja bakti dilakukan di sekitar Sekreatriat Ormawa, Pendopo Desa Blado, area Masjid Darul Ummah, Halaqoh Corner area Asrama Mahasiswa, Halaqoh Taman, area Pusat Laboratorium, sepanjang jalan sekitar kampus dan sungai.

bersih lingkungan stikes surya global yogyakarta

Pada kegiatan ini peserta berbondong-bondong di hari libur mereka turun menyusuri sungai untuk mengambil sampah yang ada di aliran sungai tersebut dengan penuh semangat, berbondong – bondong mengangkat kantong trashback sampah yang berisi sampah kering serta sampah basah dari  sungai yang jika ditimbang jumlahnya mencapai kisaran kurang lebih 5-8 kg tiap kantong trashback. Tidak hanya aksi bersih-bersih, tetapi kegiatan tersebut juga memasang poster tentang Hari Bumi dan Lingkungan.

“Adanya kegiatan ini, kami mengajak Mahasiswa STIKes Surya Global Yogykarta untuk peduli terhadap lingkungan kampus serta berguna bagi masyarakat setempat sekaligus mempererat silaturahmi PMKM dengan mahasiswa dan masyarakat sekitar”, ucap Ketua Panitia Heri Juansyah.

bersihkan sampah sungai di hari bumi 2019

Harapan dari peserta, Isra Mi’rawati, adanya kegiatan ini masyarakat sadar akan kepeduliannya untuk tidak mencemari sungai dengan membuang sampah tersebut ke dalam sungai, peduli lingkungan atas kesadaran dan kemauan dari diri masing-masing.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Bumi 2019, tentang pentingnya aksi bersama yang bersandar pada paradigma ekologis yang bertujuan untuk penyelamatan bumi. Bumi membutuhkan sentuhan perubahan, yang dimulai dari diri kita.

Bumi yang satu ini, sekarang sedang berada dalam tingkat keterancaman yang tidak ada kiranya. Dalam dua ratus tahun terakhir, modernitas pada zaman ini tidak hanya membawa kemajuan, namun juga  telah membawa dampak kerusakan lingkungan, seperti hancurnya ekosistem dan punahnya beragam spesies. Kenaikan temperatur global, kenaikan muka air laut dan perubahan iklim bukan lagi wacana, tapi sudah merupakan keniscayaan.

Harapan kami sebagai penulis sekaligus Ketua Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) STIKes Surya Global Yogyakarta untuk mahasiswa dan masyarakat dengan adanya bentuk kegiatan kecil ini sebagai awal mula implementasi kita untuk menumbuhkan rasa sadar, mau serta mampu peduli terhadap tempat tinggal serta lingkungan sekitar dan kegiatan ini dapat terus berkembang menjadi kegiatan kerjasama mahasiswa dengan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dalam menyelamatkan masa depan bumi kita.

“Ayo Peduli, Mulai dari Kita”


Editor: Ibrahim Azis

Sharing is caring!

(Visited 21 times, 1 visits today)