Hari Kebersihan Menstruasi, Jangan Percaya 5 Mitos Menstruasi Berikut Ini!

Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tgl 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak menstruasi pada kesehatan, pendidikan, serta interaksi sosial kaum perempuan. Berikut ini 5 mitos seputar menstruasi yang beredar di masyarakat!
AKAR-INAHA

AKAR-INAHA

Asosiasi Kesehatan Remaja Indonesia (AKAR Indonesia) - Indonesian Adolescent Health Association (INAHA)
AKAR-INAHA

Tahukah kamu, 1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama 1 hari atau lebih, pada saat mereka sedang menstruasi.

Di negara-negara berkembang, anak perempuan tidak masuk sekolah rata-rata 5 hari setiap bulan, ketika mereka sedang menstruasi.

Tahukah kamu kondisi sanitasi sekolah di Indonesia?

Rupanya, kebiasaan cuci tangan pakai sabun anak usia 5 tahun s/d 14 tahun, 12% setelah BAB, dan 14% sebelum makan.

1 dari 2 sekolah di Indonesia tidak memiliki toilet terpisah menurut gender. Hanya 1 dari 4 toilet sekolah yang dalam kondisi baik.

Rasio Toilet saat ini jauh dari ideal, dimana toilet anak laki-laki 1:122 (ideal 1:60) dan toilet anak perempuan 1:117 (ideal 1:50).

BACA JUGA:  Refleksi Pelantikan Laskar Nusantara Sehat

1 dari 6 siswa perempuan terpaksa tidak masuk sekolah ketika menstruasi.

Jangan lupa GANTI PEMBALUT, setiap 4-5 jam, saat mandi pagi, saat istirahat siang disekolah, saat pulang sekolah, mandi sore, dan sebelum tidur.

Manajemen Kebersihan Menstruasi

MKM adalah upaya pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.

Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tgl 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak menstruasi pada kesehatan, pendidikan, serta interaksi sosial kaum perempuan.

Sekolah dapat berperan menjadi sumber informasi yang akurat tentang menstruasi dan menyediakan sarana prasarana yang memadai bagi siswa perempuan untuk mengelola menstruasinya dengan bersih dan sehat.

Mitos dan Fakta Menstruasi

Berikut ini 5 mitos seputar menstruasi yang beredar di masyarakat:

  1. Katanya, TIDAK BOLEH keramas saat menstruasi. FAKTANYA, saat menstruasi perempuan justru disarankan untuk ekstra menjaga kebersihan tubuhnya, termasuk rambut. Rambut bersih justru meningkatkan percaya diri kita merasa bersih dan wangi.
  2. Katanya, TIDAK BOLEH minum soda karena dapat mempercepat menstruasi. FAKTANYA, belum ada penelitian yang membuktikan minuman bersoda dapat memepercepat menstruasi. Minuman bersoda hanya dapat membuat seseorang merasa lebih segar. Tapi tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman soda secara rutin dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi.
  3. Katanya, TIDAK BOLEH menggunting kuku atau memotong rambut saat menstruasi. FAKTANYA, Memotong kuku dan rambut adalah bagian dari kebersihan diri dan dapat dilakukan kapan saja, termasuk pada saat menstruasi.
  4. Katanya, DILARANG makan daging saat menstruasi. FAKTANYA, mitos ini justru berakibat buruk bagi kesehatan perempuan yang memerlukan nutrisi, khususnya zat besi, ketika mentruasi. Perbanyak asupan makanan dengan kandungan gii dan protein, yang tinggi pada saat menstruasi, seperti sayur, ikan, telur, dan daging.  Jadi, jangan lupa makan buah dan sayur yah!
  5. Katanya, TIDAK BOLEH banyak beraktivitas saat menstruasi. FAKTANYA, perempuan yang sedang menstruasi dapat beraktivitas seperti pada kondisi normal. Namun disarankan untuk selalu membawa pakaian dalam, pembalut cadangan, serta kertas atau pembungkus untuk pembalut bekas agar aktivitas dapat berjalan nyaman dan menyenangkan.
BACA JUGA:  Talkshow Bareng PILAR Sragen di Acara Nongkrong Komunitas POP FM Sragen


Materi kampanye Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) disusun oleh jejaring Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL): WVI, Plan Indonesia, UNICEF, Bappenas bekerja sama dengan Kemendiknas.

Sharing is caring!

(Visited 227 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *