HAS 2019, Passapeda Enrekang Peduli AIDS
Rabu 4 Desember 2019, peringati HAS 2019, 50 orang dari Komunitas Endekan Passapeda berkumpul bersama Tim Dinkes dan Pusksesmas Kota di Bundaran Patung Sapi Enrekang.
Endpass bersama Dinkes Enrekang dan Puskesmas Kora Peringati HAS 2019

Setiap 1 Desember diperingati World Aids Day, sehari itu menjadi refleksi bagi kita untuk peduli terhadap ODHA baik memberi dukungan moril, motivasi berobat dan tentunya usaha untuk mencegah HIV – AIDS.

Di Kabupeten Enrekang sendiri dilaksanakan kampanye dan refleksi sehari untuk memperingati Hari Aids Sedunia, dimana Rabu Sore 4 Desember 2019 terpusat di Bundaran Patung Sapi Kabupaten Enrekang berkumpul
Komunitas ENDPASS yang merupakan singkatan dari Endekan Passapeda.

Kegiatan tersebut diawali dengan pertemuan seorang pengurus komunitas
saudara Na’im dengan pihak Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat
Puskesmas Kota Enrekang untuk menggagas kegiatan Kampanye.

Red Ribbon lambang internasional untuk kepedulian terhadap HIVAIDS.

Kegiatan Kampanye dihadiri sekitar 50 orang dari Komunitas Endekan
Passapeda berserta Tim Dinkes dan Pusksesmas Kota, adapun kegiatan
kampanye tersebut adalah Pembagian Leaflet terkait informasi lengkap
HIV-AIDS, penyematan pita dan pemberian bunga merah kesemua komunitas sepeda.

Pita Merah yang dimaksud adalah Red Ribbon yang dijadikan lambang internasional untuk kepedulian terhadap HIV/AIDS. Pita Merah dimaksudkan agar menjadi lambang pengharapan agar pencarian vaksin dan obat untuk menghentikan penderitaan ODHA berhasil.

Kepala Puskesmas Kota Enrekang Ibu Herawati, S.St

Pita Merah juga menawarkan dukungan simbolis, dukungan untuk ODHA, untuk terus mendidik mereka yang tidak terinfeksi, untuk upaya maksimal dalam menemukan pengobatan, serta untuk mereka yang telah kehilangan teman, anggota keluarga, atau orang yang dicintai karena AIDS.

Pada kegiatan kampanye juga dilakukan pembagian Leaflet tentang pencegahan HIV-AIDS tujuan adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang HIV – AIDS baik terkait penularan, pencegahan serta prosedur pengobatannya.

Kegiatan ini berlangsung meriah, Komunitas Endekan Passapeda, Dinkes
dan Puskesmas Kota Enrekang berkeliling kota untuk membagikan leaflet, pita dan bunga ke Masyarakat, dari arah Bundaran Sapi, Swiss area, Lapangan Batili, serta pusat Kota Enrekang di area lampu merah. Kegiatan kampaye ini juga turut dihadiri oleh Kabid Yankes Syahril Pawakkari, SKM.M.Adm.Kes dan Kepala Puskesmas Kota Ibu Herawati, S.St.

HAS 2019, penyematan pita kepada komunitas pesepeda di Enrekang

Melalui kegiatan ini harpannya masyarakat lebih paham terkait penularan HIV dimana penularan bisa terjadi jika melakukan perilaku berisiko seperti seks bebas.

Selain kontak seksual, HIV juga rentan menular pada mereka yang menggunakan narkoba suntikan yang menggunakan jarum suntik secara bergantian. Cara penularan yang lain adalah penularan dari Ibu ke bayi, ibu yang postif HIV, menjadi penting untuk melakukan kunjungan dan pengobatan secara rutin ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Harapan dengan adanya kampanye ini masyarakat mengetahui pencegahan dan informasi tentang HIV- AIDS, kepedulian dan memberi motivasi kepada ODHA untuk terus produktif dan berobat, tidak adanya
diskriminasi terhadap ODHA.

Kamapanye HAS 2019 Keliling Kota Enrekang

Harapan kedua adalah lebih banyak komunitas – komunitas di Kab Enrekang yang lebih peduli dan mendukung kegiatan kesehatan dan atau ikut bekerjasama kembali mendukung upaya kesehatan masyarakat.

Terakhir bagi masyarakat yang melakukan perilaku berisiko bisa
mengakses informasi lebih lengkap di Dinas Kesehatan Seksi Pencegahan
Penyakit Menular dan atau mengunjungi Puskesmas terdekat untuk
memeriksa status kesehatan anda.

Selain itu kita perlu merasa bangga telah mengetahui informasi terkait HIV
-AIDS, bangga untuk menjaga perilaku sehat kita, dan bangga serta berani untuk tahu dan untuk periksa lebih dini jika berperilaku berisiko, karena semakin cepat mengetahui status kita maka harapan itu semakin besar untuk tetap produktif.

Peringati HAS 2019 Bersama Komunitas

Sharing is caring!

(Visited 43 times, 1 visits today)