HEALution 6.0 dan Gizi Bakti Masyarakat Sosialisasi Pemeriksaan Tekanan Darah ke Faskes Terdekat

Pada HEALution in Action Day 2, tanggal 16 Juli 2022, HEALution 6.0 dan Gizi Bakti Masyarakat mengadakan cek kesehatan di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang. Cek kesehatan disambut antusias oleh para warga. Tujuan dari cek kesehatan ini adalah untuk membiasakan warga untuk memeriksakan kesehatannya dan mengindikasi dini tanda – tanda hipertensi.

Setiap kelompok  melakukan sosialisasi mengenai pentingnya pemeriksaan tekanan darah secara rutin, apa itu tekanan darah, komplikasi akibat hipertensi, hal-hal yang harus diperhatikan sebelum cek tekanan darah dan dimana cek tekanan darah bisa dilakukan. Sosialisasi dilakukan melalui chat whatsapp dimasing-masing grup Dasa Wisma.

BACA JUGA:  Siswa SMA di Kecamatan Pulau Merbau Dapat Muatan Lokal Ilmu Kesehatan Remaja

Sosialisasi Bahaya Hipertensi di Sendangmulyo Semarang

Tekanan darah diukur dengan dua macam tekanan yaitu tekanan darah atas (sistolik) dan tekanan darah bawah (diastolik). Angka sistolik mengukur tekanan di pembuluh darah pada saat jantung memompa darah/ berdetak. Angka diastolik mengukur besarnya tekanan di pembuluh darah di antara detakan jantung. Pengecekan tekanan darah secara rutin ini dilakukan untuk mendeteksi terjadinya hipertensi.

Hipertensi dikenal sebagai silent killer karena gejalanya tanpa keluhan dan nanti diketahui saat sudah terjadi komplikasi. Hipertensi yang tidak dikontrol dan ditangani dengan tepat maka akan menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat mengancam kehidupan penderitanya.

Pemeriksaan Tekanan Darah Warga Sendangmulyo Semarang

Komplikasi Akibat Hipertensi

Jantung

Peningkatan tekanan darah secara terus menerus akan membentuk plak pada pembuluh darah koroner dan akan mengganggu asupan penting bagi tubuh.  Selain itu, tingginya tekanan darah akan meretakkan plak dan menyumbat aliran darah sehingga terjadi serangan jantung.

Stroke

Tekanan darah berlebihan dapat merusak pembuluh darah di otak, dan menyebabkannya menjadi lebih keras dan sempit. Hal ini membuat penyumbatan aliran darah sehingga terjadi kekurangan darah dan oksigen ke wilayah otak, akhirnya terjadi stroke.

BACA JUGA:  Perjuangan Kader Jumantik, Sering Diusir saat Inspeksi

Penyakit Ginjal 

Tekanan darah tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan pembuluh darah ginjal menyempit, melemah atau mengeras. Pembuluh darah yang rusak ini menyebabkan sel ginjal kekurangan oksigen  dan nutrisi sehingga ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring darah, mengatur cairan, hormon, asam dan garam dalam tubuh.

Pemeriksaan Tekanan Darah Warga Cegah Hipertensi

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Cek Tekanan Darah?

  1. Hindari meminum kopi
  2. Hindari konsumsi Alkohol
  3. Hindari makanan berlemak tinggi
  4. Hindari merokok sebelum dan sesudah cek tekanan darah

Pengukuran tekanan darah dapat dilakukan di beberapa tempat seperti rumah sakit atau klinik oleh perawat atau dokter dan apotek yang memiliki alat pengukur tekanan darah.

(Visited 10 times, 1 visits today)