Herd Immunity di Era New Normal Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 menjadi duka dan beban yang sangat berat bagi masyarakat dunia terkhusus Indonesia. Berdasarkan data dari WHO sampai Juni 2022, jumlah kasus Covid-19 di dunia telah mencapai 535,86 juta sedangkan kasus di Indonesia sampai Juni 2022 telah mencapai 6,06 Juta kasus.

Hal – hal inilah yang membuat pemerintah melaksanakan beberapa kebijakan antara lain: Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta kebijakan new normal yang merupakan bentuk perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu juga dilaksanakannya kebijakan mengenai vaksinasi agar dapat mencapai herd immunity secara cepat.

BACA JUGA:  Peringati HKN KE-53, BEM UAD Adakan Bakti Sosial Untuk Masyarakat Gunung Kidul

Namun, apakah kebijakan-kebijakan yang diberlakukan tersebut sudah cukup untuk mencapai Herd Immunity? Perlukah langkah lain?

Proses Untuk Mencapai Herd Immunity, Sudahkah Terbentuk?

Untuk mencapai herd immunity sendiri, setidaknya ialah 70% populasi (dari sekitar 270 juta populasi penduduk Indonesia) telah tervaksinasi dengan dosis lengkap yaitu 3 kali vaksinasi. Namun, sampai saat ini untuk dosis 1 vaksinasi sendiri telah mencapai sekitar 74% dari total populasi, tetapi dosis 2 dan 3 vaksinasi masih cukup jauh dari batas minimal, masing-masing yaitu dosis 2 62% masyarakat telah tervaksinasi dari total populasi dan dosis 3 vaksinasi baru mencapai 19% dari total populasi. Oleh karena itu, diperlukan sekali adanya akselerasi program vaksinasi dosis lengkap oleh pemerintah.

Pasca Herd Immunity, Apa yang Harus Dilakukan?

Proses untuk mencapai herd immunity memanglah tetap harus diutamakan. Oleh karena itu, setelah Indonesia mencapai herd immunity akan ada banyak hal yang harus dilakukan oleh pemerintah dan juga masyarakat diantaranya melakukan pemulihan pada sektor-sektor tertentu yang perlu menjadi fokus perhatian yaitu sektor ekonomi, pendidikan dan pariwisata.

BACA JUGA:  Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Desa Borongtala Dengan PHBS

Lalu, Solusi Konkret Apa Saja yang Harus Dilakukan Pemerintah Pasca Herd Immunity Kelak?

Download dan baca kajian selengkapnya pada link berikut :


Tim Penyusun :
Bidang Sosial dan Politik
BEM FKM Undip 2022

(Visited 19 times, 1 visits today)