Implementasi Safety Riding for Kids di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Indramayu
Harapannya anak-anak ini dapat menjadi agent of change, pentingnya safety riding khusunya mengenai pemakaian helm pada anak saat bepergian.

Eko Maulana Syaputra, S.KM., MPH

Dosen FKM Universitas Wiralodra Indramayu

Latest posts by Eko Maulana Syaputra, S.KM., MPH (see all)

Implementasi Safety Riding for Kids

Berangkat dari pertanyaan besar dari dalam diri, mengapa sebagian besar anak sekolah TK ketika diantar dan dijemput orang tuanya ke sekolah tidak menggunakan helm dan perlengkapan keselamatan lainnya? Apakah orang tua menganggap hanya orang dewasa saja yang diwajibkan dan penting melindungi dirinya dengan helm, dengan dalih untuk menghindari teguran atau tilang dari polisi? Dan Pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Padahal menurut penelitian Goniewicz et al (2017), menyatakan penyebab utama kematian anak di Polandia yaitu karena adanya cedera akibat kecelakaan lalu lintas, yang mengakibatkan lebih banyak kematian daripada kanker atau cacat lahir. Tingginya kecelakaan lalu lintas pada anak usia dibawah 7 tahun, salah satu penyebabnya karena kurangnya pengawasan dari orang tua.

BACA JUGA:  LKTI dan Lomba Poster Tingkat Nasional K3-MRS FKM UMJ, Buruan Daftar!

Berangkat dari permasalahan diatas dua orang Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra, Indramayu yaitu Eko Maulana Syaputra, S.KM., MPH dan Tayong Siti Nurbaeti, S.KM., M.Gizi Mencoba melakukan penelitian tentang Implementasi Safety Riding for Kids (Keselamatan Berkendara untuk Anak) di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Indramayu.

Adapun penelitian yang dilakukan yaitu berupa pemberian helm gratis kepada anak-anak dan praktek langsung cara penggunaan helm yang baik dan benar, menyanyikan lagu “Tepuk Helm” dan mewarnai tentang safety riding. Acara tersebut berlangsung pada hari Rabu, (31/7/2019) di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Indramayu. Adapun yang jadi pesertanya yaitu siswa TK kelas B sebanyak 37 orang.

Safety Riding for Kids, FKM Unwir

Materi yang disampaikan yaitu tentang pentingnya keselamatan berkendara, seperti wajib menggunakan helm ketika berangkat dan pulang sekolah maupun pergi kemana saja, harus pegangan ketika dibonceng, tidak boleh berdiri atau bergerak ketika dibonceng, tidak boleh melanggar lampu lalu lintas, tidak boleh bermain HP, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Perusahaan Jangan Hanya Kejar Profit, Keselamatan Kerja Karyawan Perlu Jadi Perhatian

Materi tersebut berlangsung dari pukul 8.30 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Dimana para peserta sangat antusias. Hal ini terlihat dimana mereka sangat antusias untuk bernyanyi bersama, praktek langsung cara pemakaian helm yang baik dan benar serta mereka sangat bersemangat ketika diminta memilih dan mewarnai mana gambar yang benar tentang keselamatan berkendara.

Harapan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu, anak-anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal dapat menjadi agent of change dimana mereka memberikan kesadaran secara tidak langsung kepada orang tuanya tentang pentingnya safety riding for kids khusunya mengenai pemakaian helm agar anak-anak mereka aman dan terlindungi ketika berkendara motor.

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Indramayu

Selain itu, diharapkan dengan pemberian penyuluhan dan praktek langsung ini anak-anak terssebut dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara sejak dini, serta perilaku masyarakat khususnya orang tua secara perlahan-lahan dapat berubah.

BACA JUGA:  Mahasiswa UNDIP Edukasi Masyarakat Pentingnya Penerapan K3 Pada Sektor UKM Mebel

Utamakan selamat, YES!!!

Selamat dunia akhirat, YES, YES, YES…

Sharing is caring!

(Visited 52 times, 1 visits today)