Implementasikan Germas, Puskesmas Maros Baru Gelar Senam Sehat
Implementasi Germas, senam sehat Puskesmas Maros Baru, dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat. Acara ini pun dibuka dihadiri langsung Kadinkes Kab Maros.

Elly Erawati Tahir

Petugas Promkes
Puskesmas Maros Baru

Latest posts by Elly Erawati Tahir (see all)

GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Implementasi Germas dengan 7 (tujuh) indikator yakni :

  • Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari,
  • Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari,
  • Periksa Kesehatan Secara Rutin,
  • Tidak Merokok,
  • Membersihkan Lingkungan,
  • Menggunakan Jamban Sehat dan
  • Tidak Mengkonsumsi Minuman Ber alkohol

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran lintas sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat.

germas puskesmas maros baru

Implementasi Germas di Puskesmas Maros Baru, 22 Maret lalu dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah setempat maupun masyarakat yang ada di Kecamatan Maros Baru antara lain para Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Maros Baru serta kader binaan Puskesmas Maros Baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dr. Hj. Maryam Haba, M.Kes bersama jajarannya Bidang Kesmas khususnya Promkes juga berkenan hadir dan turut serta dalam meramaikan implementasi germas tersebut yang mana total peserta mencapai 200 orang.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Maryam Haba kemudian dilanjutkan dengan senam bersama di lapangan upacara Kecamatan Maros Baru dilanjutkan dengan makan buah serta pemeriksaan gula darah. Kegiatan ditutup dengan pembagian door prize dan penyerahan hadiah oleh Kepala Puskesmas Maros Baru.

Sharing is caring!

(Visited 160 times, 1 visits today)