You are here
Home > Berita Kesehatan > Imunisasi MR di Kab Cirebon Sudah 87 Persen, Kadinkes Optimis Capai Target

Imunisasi MR di Kab Cirebon Sudah 87 Persen, Kadinkes Optimis Capai Target

Imunisasi MR di Kab Cirebon Sudah 87 Persen, Kadinkes Optimis Capai Target

Sharing is caring!

Capaian imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Cirebon kini sudah menunjukkan persentase cukup baik dari apa yang ditargetkan. Untuk data up date sudah 356.000 anak balita dan siswa SD/SMP yang diimunisasi.

Jumlah tersebut mendekati sasaran imunisasi MR Kabupaten Cirebon sebanyak 548.686 orang. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menyampaikan, kampanye MR sudah menyasar ke balita usia 9 bulan hingga 15 tahun sejak 1 Agustus lalu.

BACA JUGA:  Dinkes Kota Jogja: Seorang Anak dan Sejumlah Ibu Hamil di Jogja Positif Rubella

“Capaian targetnya cukup bagus. Secara persentase sudah ada sekitar 60 persen balita dan 87 persen siswa SD maupun SMP yang kami lakukan imunisasi MR,” ungkap Enny pada Radar Cirebon, Minggu (3/9).

Dia mengaku optimis, seluruh anak di Kabupaten Cirebon dapat diimunisasi mencapai 95 persen pada 30 September 2017 mendatang. Dalam hal ini, dinkes juga bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak serta sejumlah rumah sakit dan bidan untuk menambah pemahaman pentingnya kebutuhan vaksin tersebut.

“Meski di awal ada yang menolak, kami optimis tercapai hingga September nanti. Sekarang saja pencapaiannya sudah bagus,” tuturnya.

Pelaksanaannya sendiri dibagi menjadi jadwal berselang atau pola gilir. Yakni di sekolah PAUD, TK, SD/MI/sederajat, SDLB dan SMP/MTs/sederajat, serta SMPLB. Juga dilakukan di posyandu, polindes, poskedes, puskesmas, rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

BACA JUGA:  Dinkes Kabupaten Cirebon: 55 Persen Depot Air Minum Belum Punya Surat Layak Sehat

Sementara itu, menanggapi adanya beberapa sekolah dan orang tua murid yang melakukan penolakan imunisasi MR, Kepala Dinas Pendidikan Asdullah Anwar menjamin bahwa hal itu tidak akan terjadi lagi. “Di awal sempat ada penolakan. Tapi setelah kami lakukan pendekatan dan pemahaman, tidak ada lagi yang menolak,” tandasnya.

Sumber radarcirebon.com

Sharing is caring!

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top