Indonesia's Attractiveness Award 2019
Dalam Indonesia's Attractiveness Award 2019, 23 Juli 2019, Terminal Darah Puskesmas dari Kabupaten Bantaeng menyabet penghargaan tertinggi yakni Platinum Award Kategori Kabupaten Kecil Terbaik Sektor Pelayanan Publik.
Spread the love

Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali menorehkan namanya sebagai salah satu kabupaten yang kaya inovasi. Dalam Indonesia’s Attractiveness Award 2019, 23 Juli 2019, Kabupaten Bantaeng menyabet penghargaan tertinggi yakni Platinum Award Kategori Kabupaten Kecil Terbaik Sektor Pelayanan Publik. Inovasi yang membawa Pemkab Bantaeng meraih penghargaan tersebut adalah Terminal Darah Puskesmas.

BACA JUGA:  Deteksi Dini Faktor Risiko PTM Warnai Bantaeng Festival Day

Terminal Darah Puskesmas adalah salah satu inovasi bidang kesehatan yang mulai hadir di Bantaeng sejak tahun 2017. Inovasi ini bertujuan menjamin ketersediaan stok darah bagi ibu bersalin. Hadirnya stok darah di puskesmas memberikan rasa aman bagi calon ibu bersalin manakala dalam proses melahirkan terjadi perdarahan dan membutuhkan darah secepatnya.

Dalam dua tahun terakhir, inovasi ini mampu memberikan berbagai kontribusi positif dalam hal akselerasi pencapaian program kesehatan. Angka persalinan di fasilitas kesehatan tingkat pertama mengalami peningkatan yang sangat signifikan, persalinan yang ditolong tenaga kesehatan hampir menyentuh angka 100 persen. Bahkan jumlah pendonor tetap untuk ibu bersalin yang terdaftar menyentuh angka lebih kurang 200 orang pendonor tetap. Angka yang sangat fantastis dibandingkan data tahun 2015 dan 2016 yang disampaikan oleh UTDRS bahwa tidak ada pendonor tetap untuk ibu bersalin disepanjang tahun tersebut.

BACA JUGA:  Dinkes Bantaeng Kaji Banding BLUD Puskesmas di Kabupaten Sleman

Tampil sebagai penerima penghargaan Platinum Award Kategori Kabupaten Kecil Terbaik Sektor Pelayanan Publik dalam Indonesia’s Attractiveness Award 2019 tersebut, Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si menyatakan sangat bersyukur kepada Allah SWT dan menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Bantaeng, tentunya hal ini akan lebih memotivasi kita bersama dalam melakukan segenap upaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Andi Ihsan, M.Kes dalam malam penganugerahan award tersebut.

Kadinkes Kab Bantaeng dr. Andi Ihsan, M.Kes

Sharing is caring!

(Visited 67 times, 1 visits today)