Ini Alasan Kenapa Anak Kesmas Kudu Melek Media Sosial

Anisa Lailatul Solihati

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat
STIKes Surya Global Yogyakarta

Latest posts by Anisa Lailatul Solihati (see all)

Adanya media sosial tentu sangat membantu masyarakat sebagai penggunanya. Dengan menggunakan medis sosial ini, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas, baik untuk keperluan pribadi hingga aktivitas bisnis.

Aktivitas yang sering dilakukan salah satunya yaitu mencari informasi, memperluas wawasan, mulai dari topik kesehatan, pendidikan, pertanian, ekonomi, sosial dan lain-lain. Dan terkhusus lingkup kesehatan, informasi kesehatan di dunia online, media sosial, mempunyai ciri yang khas yakni informasi yang asimetris.

Contoh informasi yang sempat hangat beberapa waktu lalu yakni terkait vaksinasi. Pada dasarnya pemberian vaksin bertujuan untuk menghasilkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Adapun beberapa kejadian meninggalnya anak setelah mendapatkan vaksinasi, informasi tersebut jangan ditelan mentah-mentah kemudian berasumsi bahwa vaksinasi dapat menyebabkan kematian.

Jika melihat manfaat dari pemberian vaksin, ternyata masih ada orang yang tidak setuju dengan vaksinasi yang biasa disebut sebagai kelompok antivaksin. Hal yang mendasari pandangan mereka tersebut adalah perihal syariat agama. Perbedaan pandangan ini, cukup ramai di media sosial, sampai-sampai bisa mempengaruhi rendahnya capaian target pemberian imunisasi di daerah tersebut.

Sebetulnya, saat ini cukup banyak akun media sosial terutama yang dimiliki oleh instansi kesehatan yang mampu memberi informasi dan pemahaman tentang kesehatan secara rutin dengan konten yang berkualitas. Namun disisi lain, masih banyak pula akun-akun yang cenderung pasif dalam menyampaikan informasi, bahkan terlihat tanpa perencanaan atau asal-asalan (asal update).

Belajar Menulis & Kelola Media Sosial Bersama Kesmas-ID

Anisa Lailatul Solihati

Pada akhir Desember lalu, saya mengikuti satu kegiatan di kampus STIKes Surya Global, dan di acara tersebut saya pertama kali tahu dan kenal Kesmas-ID. Saya langsung follow akun Instagramnya, dan segera saya cari tahu lebih dalam mengenai apa aja informasi yang ada di Kesmas-ID.

Kesmas-ID menurut saya keren karena informasi yang disajikan beragam, mulai dari kegiatan organisasi, informasi penelitian, dan menariknya, Kesmas-ID juga menyediakan produk kaos yang desainnya membuat kita semakin bangga sebagai anak Kesmas. Selain kontennya yang beragam, Kesmas-ID juga update sekali dalam informasi kesehatan masyarakat.

Harapan saya, dengan mengikuti pelatihan menulis dan kelola sosial media ini, saya dapat lebih menggali potensi diri, yang nantinya dapat saya manfaatkan sesuai bidang keilmuan saya. Terimakasih Kesmas-ID, sudah memberi saya kesempatan untuk mulai belajar!

Sharing is caring!

(Visited 71 times, 1 visits today)