Ini Ceritaku PKL di Puskesmas, 10 Hari di Kota Jogja

Kami mahasiswa Kesmas Umitra Lampung melakukan kegiatan PKL di Puskesmas di Kota Yogyakarta. Selama di Jogja, kami belajar secara langsung kegiatan PKM.

Ini Ceritaku PKL di Puskesmas, 10 Hari di Kota Jogja

Yogyakarta, 7/8 acara pertama kali yaitu serah terima Mahasiswa Umitra Lampung oleh pihak kampus kepada pihak Dinas Kesehatan, bertempat di kantor Dinkes Sleman dilanjutkan dengan pembekalan dari pihak Dinkes.

Dari Dinkes, ada beberapa narasumber yang disesuikan dengan kebutuhan peminatan yang ada di Kesmas Umitra, yaitu promkes, MPK, K3, Epidemiologi.

8 Agustus ~ Mahasiswa PKL oleh masing-masing pembimbing kelompok diserah terimakan kepada pihak Puskesmas.

BACA JUGA:  Bingung Pilih Peminatan Kesmas? Ini Nih Panduan Buat Kamu Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Saya dan 4 mahasiswa kesmas lainnya mendapatkan lokasi penempatan di Puskesmas Kalasan.

dr. Khadimah Yuliati selaku Kepala PKM Kalasan, kami diserahkan pada pembimbing lapangan sesuai peminatan yang ada dikelompok kami (Promkes, MPK)  pada Ibu Catur selaku penanggungjawab UKM, Ibu Tyas selaku UKM Promkes, Pak Gunawan selaku Kepala TU dan Manajemen Yankes, serta Ibu Septi selaku Administrasi PKM.

9 s/d 11 Agustus ~ Kami melakukan kegiatan lapangan yaitu sensus penduduk dan rumah sehat oleh peminatan MPK yang dibimbing oleh Ibu Putri selaku UKM Epid. Kemudian kami melakukan entry data di puskesmas, kegiatan imunisasi MR dilakukan peminatan Promkes dibimbing oleh Ibu Tyas selaku UKM Promkes dan petugas kesehatan lainya.

BACA JUGA:  29 Mahasiswa Prodi Kesmas Umitra PBL di Pringsewu Lampung

Data imunisasi yang didapat kemudian di-entry oleh peminatan MPK di Puskesmas.

12 Agustus ~ Diadakan kegiatan senam lansia di Puskesmas yang dimulai dari jam 7 pagi, diikuti para lansia yang ada di Dusun Purwomartani yang dilakukan oleh Ibu Hastuti selaku UKM Kesehatan Lansia.

Juga senam ibu hamil di jam 10 wib di Aula Puskesmas, diikuti ibu hamil yang tinggal di Purwomartani. Senam ibu hamil dipandu (instruktur senam) oleh Ibu Dwi Winarti selaku UKM KIA.

Senam Ibu Hamil di Puskesmas Kalasan

14 s/d 15 Agustus ~ Kami Mahasiswa Kesmas Umitra melakukan wawancara ke Petugas Puskesmas dimasing-masing UKM yang ada di Puskesmas Kalasan. Meminta data kesehatan ke pihak pemegang laporan Puskesmas (Profil Puskesmas, SP2TP, SPM, RBA, DPLH, IKM, RUK per program) sebagai acuan penyusunan laporan PKL kelompok kami kedepannya.

BACA JUGA:  Mahasiswa STIKes Umitra Lampung Praktek Pemeriksaan Air Bersih di Wilayah Puskesmas Godean II

16 Agustus ~ Ini merupakan hari terakhir kami di Puskesmas Kalasan.

Hari itu dilakukan penutupan PKL serta serah terima plakat/ penghargaan untuk Puskesmas Kalasan sebagai rasa terimakasih kami kepada pihak Puskesmas yang sudah banyak membantu kegiatan mahasiswa Umitra Lampung serta membimbing kami selama PKL.

18 Agustus ~ Masing-masing peminatan melakukan presentasi di Aula Dinas Kesehatan Sleman, sekaligus serah terima mahasiswa dari Dinkes kepada pihak Kampus Umitra, bahwa PKL telah selesai dilaksanakan. Akhirnya, seminar laporan pun sudah menanti di kampus.

Ini cerita temanku Vika saat PKL di Puskesmas Kalasan. Kalau kamu?

Sharing is caring!

(Visited 103 times, 1 visits today)

Author: Sigit Arif

Mahasiswa Kesmas Umitra Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *