Ini Dia Inovasi Program dari Puskesmas Losari Kab Cirebon, Meriah!

Cirebon - Bertempat di Balai Desa Panggangsari, wilayah binaan UPT Puskesmas DTP Losari, Rabu, 18 April 2018 dilaksanakan Wisuda Selasi, dari pukul 08.00-12.30 wib.

Cirebon – Bertempat di Balai Desa Panggangsari, wilayah binaan UPT Puskesmas DTP Losari, Rabu, 18 April 2018 dilaksanakan Wisuda Selasi, dari pukul 08.00-12.30 wib.

Acara wisuda SELASI (Wisuda Bayi Sehat Lulus ASI Ekslusif) ini dalam rangka menyambut Hari Kartini dengan tema “Ibu Kartini Masa Kini: Srikandi Penentu Sehat dan Cerdasnya Anak Generasi Masa Depan”, dilaksanakan oleh UPT Puskesmas DTP Losari bersama Pencerah Nusantara.

BACA JUGA:  Promosi ASI Eksklusif Wajib Dilakukan Tenaga Kesehatan

Kegiatan Wisuda Selasi ini masih serangkaian acara yang digelar sebelumya, yaitu Lomba Posyandu di 6 desa wilayah binaan UPT Puskesmas DTP Losari, Lomba Penyuluhan oleh Kader diikuti oleh 1 perwakilan Kader di masing-masing desa.

Selanjutnya lomba kreasi MP-ASI yang diikuti oleh perwakilan desa, 1 desa mengirim satu ibu balita dan ibu kader. Kemudian lomba bayi/ balita sehat yang diikuiti oleh 1 orang bayi/balita dari masing-masing desa.

Acara Talkshow ASI Eksklusif diikuti oleh 30 ibu orang ibu hamil. Talkshow ini menghadirkan narasumber dr. Miftahul Jannah dari Pencerah Nusantara, dan ibu bayi lulus ASI Eksklusif dengan status ibu bekerja, dengan moderator Bidan Diyana Novianti, Bidan Puskesmas Losari.

Demo MP-ASI diikuti oleh ibu bayi yang akan Wisuda ASI Eksklusif. Dimoderatori oleh Bidan Maria dari Pencerah Nusantara dan diisi oleh kader yang memenangkan lomba kreasi MP-ASI didampingi Amelia Hidayah dan Unun Fitry, Ahli Gizi Pencerah Nusantara. Dan terakhir acara Wisuda Selasi diikuti oleh 95 orang bayi dan balita.

BACA JUGA:  Dosen FKM UMI Sosialisasi Pentingnya Asi Eksklusif di Jeneponto

Harapannya dengan terselenggara nya kegiatan ini bisa memotivasi dan memberikan edukasi kepada ibu hamil, ibu bayi dan balita untuk terus menggalakkan pemberian ASI Eksklusif dan pemberian MP-ASI yang tepat.

Di Kabupaten Cirebon, kegiatan ini hanya dilaksanakan oleh UPT Puskesmas DTP Losari dan dijadikan salah satu kegiatan inovasi Puskesmas. Tahun ini merupakan kedua kalinya Wisuda Selasi dilaksanakan. Puskesmas Losari berkomitmen akan melaksanakan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin Puskesmas.

Turut hadir pula undangan dalam wisudah kali ini, yaitu dari Dinas Kesehatan Kab. Cirebon, Kecamatan Losari, Polsek Losari, Danramil Losari, P2KBP3A, Perangkat Desa dan Kader dari 6 Desa Kec. Losari.

Sharing is caring!

(Visited 609 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *