Ini Dia Kegiatan Perdana Posyandu Remaja Ceria di OKU Timur

Ini Dia Kegiatan Perdana Posyandu Remaja Ceria di OKU Timur
Kami berharap kegiatan posyandu remaja ini akan semakin bermanfaat untuk para remaja khususnya dan untuk masyarakat Desa Sukabumi pada umumnya.
Rizki Asmuni, SKM, M.KM

Rizki Asmuni, SKM, M.KM

Pendamping Desa Pemberdayaan
Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur
Rizki Asmuni, SKM, M.KM

Desa Sukabumi merupakan salah satu desa di Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan. Desa Sukabumi ini berada di pesisir Sungai Komering.

Pada Mei tahun 2018, bersama remaja di Desa Sukabumi, kami mencoba melakukan inovasi kegiatan seputar kesehatan remaja sehingga remaja mempunyai tempat untuk mengakses informasi kesehatan seputar remaja dan layanan kesehatan.

BACA JUGA:  Ahli Gizi Puskesmas Entikong Ini Raih Juara 2 Pejuang Kesehatan Nasional Dompet Dhuafa 2017

Kegiatan tersebut bernama Posyandu Remaja Ceria. Posyandu remaja ini merupakan salah satu kegiatan PKPR UPTD Puskesmas Cempaka di luar gedung, dengan tujuan agar remaja lebih mudah mengakses informasi dan layanan kesehatan remaja. Dan pada 4 Juli 2018 lalu, Posyandu Remaja Desa Sukabumi diresmikan dengan melakukan penandatanganan komitmen lintas sektor dan juga dilakukan pelatihan untuk kader remaja.

Kegiatan Posyandu Remaja ini dibuat semenarik dan senyaman mungkin untuk remaja. Oleh karena itu kader yang melaksanakan kegiatan Posyandu juga merupakan kader yang masih berusia remaja atau Kader Kesehatan Remaja yang tentunya sudah terlatih.

Kegiatan Posyandu Remaja dilaksanakan hanya sebulan sekali sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah disepakati yaitu hari minggu di pekan pertama setiap bulan di pagi hari. Kegiatan Posyandu Remaja didesain dengan kegiatan yang menarik dan sesuai dengan anak “jaman now” akan tetapi tidak keluar dari tujuan utamanya yaitu memberikan informasi dan layanan kesehatan kepada remaja.

BACA JUGA:  Tingginya Angka Pernikahan Usia Dini, Mengusik Pemuda Ini Untuk Mendirikan Posyandu Remaja di Desanya

Seperti Posyandu pada umumnya, Posyandu Remaja di desa Sukabumi juga menggunakan sistem lima langkah.

Langkah pertama adalah pendaftaran atau registrasi, langkah kedua adalah pengukuran antropometri (Tinggi badan, Berat Badan, LILA (Lingkar Lengan Atas)) dan pengukuran tekanan darah. Langkah ketiga adalah pencatatan hasil pengukuran, langkah keempat adalah Pelayanan Kesehatan, seperti pelayanan konseling gizi, pemberian vitamin atau tablet penambah darah. Dan langkah terahir adalah komunikasi informasi dan edukasi atau KIE.

Pada kegiatan perdana kali ini antusias remaja untuk hadir luar biasa bahkan ada remaja dari desa lain yang ikut. Kami berharap kegiatan posyandu remaja ini akan semakin bermanfaat untuk para remaja khususnya dan untuk masyarakat Desa Sukabumi pada umumnya.

Sharing is caring!

(Visited 136 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *