Ini Dia Koper Kawan Puskesmas Krangkeng Kabupaten Indramayu

Rabu, 25 Juli 2018 bertempat di Desa Krangkeng dan Kalianyar, Puskesmas Krangkeng melaksanakan kegiatan Kolaborasi Perawat Dalam Kunjungan KK Rawan.

Indramayu, Rabu, 25 Juli 2018 bertempat di Desa Krangkeng dan Kalianyar, Puskesmas Krangkeng melaksanakan kegiatan Kolaborasi Perawat Dalam Kunjungan KK Rawan.

Kegiatan ini merupakan program inovasi dari Puskesmas Krangkeng sebagai salah satu bentuk implementasi dari kegiatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan. Terdapat 12 indikator, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan PIS-PK

BACA JUGA:  6 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif Bagi si Buah Hati

Pogram Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) adalah suatu pendekatan pelayanan kesehatan yang menggali faktor resiko terjadinya penyakit dalam suatu keluarga dan menilai status kesehatan keluarga, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk Indeks Keluarga Sehat (IKS).

Kegiatan ini dilakukan oleh 10 orang perawat yang ada di UPTD Puskesmas Krangkeng; Nata, S.Kep.Ners, Rakida, Sri Suhaeti, Hj. Khaeriyah, Hj. Musniah, Jaenah, AMK, Ramada, AMK, Hj Minarni, S.Kep.Ners, Ratisno, AMK dan Hadi ridho, AMK.

Target dari Dinas Kesehatan untuk program Perkesmas ada 52 KK rawan yang harus dikunjungi dan diberikan asuhan keperawatan kepada keluarga. Karena ini salah satu bentuk intervensi dari PIS PK, KK rawan yang dikunjungi terbatas pada indikator PIS-PK yang kurang yaitu indikator 6,7 dan 8 saja (TB, Hipertensi dan ODGJ).

BACA JUGA:  Ada yang Beda di Kelas Ibu Hamil Puskesmas Krangkeng Kali Ini, Cari Tahu Yuk!

Tim di sebar di dua desa yaitu Desa Krangkeng (pendataan PIS-PK tahun 2016) dan Desa Kalianyar (pendataan PIS-PK tahun 2017).

Satu KK Rawan harus dibina sampai dengan selesai (pemberdayaan individu), jadi tidak hanya sekali kunjungannya. Tetapi untuk memulainya, Tim melakukan “grebegan” dalam satu hari, dimana selanjutnya masing-masing perawat punya jadwal sendiri untuk melakukan kunjungan ulang,

Dalam “grebegan” sehari kali ini, tim mengunjungi 21 KK rawan, dimana penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, dan penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan.

Harapan setelah dilakukannya kegiatan ini, koordinasi UKP dan UKM di Puskesmas Krangkeng berjalan (Perkesmas penghubung antara UKP dan UKM), IKS wilayah meningkat. Masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Krangkeng tahu, mau, dan mampu untuk melaksanakan lima tugas keperawatan/ kesehatan dalam upaya meningkatkan kemandirian keluarga dalam upaya meningkatkan status kesehatan melalui pelaksanaan asuhan keperawatan keluarga yang dilaksanakan oleh perawat.

Sharing is caring!

(Visited 219 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *