Ini Dia Posyandu Remaja Pertama di OKU Timur

Ini Dia Posyandu Remaja di OKU Timur, Kesmas-ID
Kepala Puskesmas Cempaka menjelaskan bahwa Posyandu Remaja ini termasuk program inovasi puskesmas dan juga merupakan pertama di Kabupaten OKU Timur.
Rizki Asmuni, SKM, M.KM

Rizki Asmuni, SKM, M.KM

Pendamping Desa Pemberdayaan
Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur
Rizki Asmuni, SKM, M.KM

MARTAPURA –Desa Sukabumi Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur kini mempunyai Posyandu Remaja. Program kesehatan kreatif dan inovatif ini merupakan Posyandu Remaja perdana di OKU Timur.

Camat Cempaka, Oskarida, SE dalam sambutannya pada serangakaian acara penandatanganan komitmen bersama lintas sektor dalam rangka pembentukan posyandu remaja dan pelatihan kader Posyandu Remaja yang digelar di Puskesmas Cempaka, Rabu (4/7) mengungkapkan, bahwa program perdana di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur itu merupakan program yang inovatif dan kreatif serta bisa sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan remaja zaman sekarang sehingga remaja bisa disibukkan dengan kegiatan yang positif seperti Posyandu Remaja.

BACA JUGA:  SKM Pendamping Desa Rintis Posyandu Remaja Pertama di Kab OKU Timur

Camat Cempaka, Oskarida, SE Meresmikan Posyandu Remaja

“Ini bisa dijadikan sorotan, kita harus punya daya saing dan mampu bersaing sehingga tidak kalah saing dengan daerah lain. Mari kita support para remaja ini karena kader-kader yang duduk di kecamatan cempaka terutama yang jadi kader posyandu bisa mewujudkan remaja kecamatan cempaka sehat dan berkualitas,” ungkap Oskarida.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cempaka, dr. Enda Rukmana, M.Kes, menjelaskan bahwa Posyandu Remaja ini termasuk program inovasi puskesmas dan juga merupakan posyandu Remaja Pertama di Kabupaten OKU Timur, kami berharap semua pihak bisa mendukung para remaja dalam melaksanakan program Posyandu Remaja ini.

dr. Enda Rukmana, M.Kes, Kepala Puskesmas Cempaka

Enda juga mengatakan keberadaan posyandu memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan cerdas. Kemudian akan berdampak pada peningkatan kualitas bangsa.

BACA JUGA:  Minggu Sehat Bersama Posyandu Remaja Ceria

“Posyandu-lah tempat generasi muda pertama kali dibekali dengan kesehatan. Bila generasi tidak dibekali kesehatan di posyandu, maka nantinya akan ditemukanlah generasi yang sakit. Kader-kader Posyandu Remaja juga memiliki peranan penting, sehingga posyandu merupakan garda terdepan untuk mewujudkan harapan tersebut,” jelas Enda.

Dalam acara peresmian Posyandu Remaja ini dilakukan juga penandatanganan komitmen bersama sebagai bentuk dukungan dalam pembentukan Posyandu Remaja ini. Ikut bertanda tangan dalam hal ini yaitu Camat Cempaka, Kepala Puskesmas Cempaka, Kapolsek Cempaka, Danramil Cempaka, Kepala UPTD Dinas Pendidikan, Kepala KUA cempaka, kepala UPT KB cempaka, TA PSD Kab. OKU Timur, Rumah Zakat Cabang Palembang, Kepala Desa Sukabumi, Pembina Posyandu Remaja, Ketua BPD, ketua MPD, Ketua Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Sukabumi.

Sugandi, SKM, Rumah Zakat Palembang

Setelah acara peresmian selesai, dilanjutkan dengan pelatihan kader Posyandu Remaja dengan mengundang 4 narasumber yang ahli di bidangnya seperti Rizki Asmuni, SKM sebagai Pendamping Desa Kecamatan Cempaka yang menyampaikan materi tentang konsep Posyandu Remaja. Sugandi, SKM selaku pemegang program kesehatan Rumah Zakat Cabang Palembang yang menyampaikan materi tentang Media Promosi Kesehatan. dr. Enda Rukmana, M.Kes selaku Kepala Puskesmas Cempaka menyampaikan tentang kesehatan reproduksi remaja. Dan terakhir materi tentang kader pemberdayaan masyarakat desa yang disampaikan oleh Ibu Indah Puspita Sari, S.Si selaku TA PSD Kab. OKU Timur.

BACA JUGA:  Tim Nusantara Sehat Puskesmas Wedomu Gelar Posyandu Remaja di Dusun Aitaman

Dengan dilatihnya Kader Posyandu Remaja maka para kader dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat, juga dapat membina teman-temannya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan.

Pelatihan Kader Posyandu Remaja Puskesmas Cempaka

Sharing is caring!

(Visited 209 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *