Ini Dia Posyandu Remaja Pertama di Provinsi Kepulauan Riau

Ini Dia Posyandu Remaja Pertama di Provinsi Kepulauan Riau
Kreatifitas kader remaja dan pembina sangat menentukan keberlanjutan Posyandu Remaja ini. Dengan adanya kegiatan yang tidak membosankan dan selalu fresh membuat remaja selalu penasaran setiap bulannya.

Kemistia Eva, SST

Bidan Puskesmas Batu 10 Pinang Kencana
Kota Tanjung Pinang, Prov. kepri

Latest posts by Kemistia Eva, SST (see all)

Indah nian pantai Trikora,

Apalagi diwaktu senja…..

Kami bentuk Posyandu Remaje,

Agar Kepri semakin Jaye…

Kepulauan Riau merupakan Provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Riau. Meskipun Provinsi baru, untuk masalah kesehatan remaja Kepulauan Riau termasuk Provinsi yang aware dengan isu remaja.

Posyandu Remaja pertama di Kepulauan Riau ini diberi nama Posyandu Remaja “FRESH” yang merupakan singkatan dari Forum Remaja Sehat Perumahan Bukit Raya Kelurahan Pinang Kencana. Tepatnya di Perumahan Bukit Raya Kelurahan Pinang Kencana wilayah kerja Puskesmas Batu 10, Posyandu Remaja di Kepulauan Riau Pertama kali didirikan. Posyandu Remaja ini diresmikan  tahun 2017 oleh Walikota setempat dengan tema inovasi “Gema Pesta Remaja” atau Gerakan Masyarakat Peduli Kesehatan dan Potensi Anak Remaja.

Posyandu ini didirikan bukan hanya semata program inovasi belaka, melainkan ada berbagai macam hal dibelakangnya, seperti; sedikitnya angka kunjungan remaja ke Puskesmas Batu 10 yaitu sebanyak 32 Orang (0,56 % ) dari Sasaran Remaja. Dari hasil Survey mawas diri juga ditemukan 63%  Pengetahuan remaja  tentang Kespro masih Rendah. Disamping itu hasil survey mawas diri juga menunjukkan adanya potensi remaja pada seni, olah raga, kuliner dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Tim Nusantara Sehat Puskesmas Wedomu Gelar Posyandu Remaja di Dusun Aitaman

Kreatifitas Seni Kader Posyandu Remaja Fresh

Pada satu sisi melihat kondisi remaja di Kelurahan Pinang Kencana memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai bekal ketrampilan dimasa yang akan datang. Akan tetapi pada satu sisi juga memiliki ancaman. Rendahnya pengetahuan remaja tentang Kespro merupakan ancaman serius, karena kespro pada remaja tidak hanya penentu kesehatan dimasa yang akan datang tetapi juga penentu produktivitas dan kesejahteraan remaja dimasa yang akan datang.

Oleh Bidan Kemistia Eva, remaja diajak untuk berpartisipasi dalam menjaga kesehatannya sendiri. Secara perlahan remaja dibina dan dilatih untuk menjadi kader remaja yang bisa mandiri menjalankan Posyandu Remaja. Setahun berlalu hasil dari Kegiatan Posyandu Remaja sangat luar biasa, Posyandu Remaja tidak hanya sebagai sarana deteksi dini risiko kesehatan pada remaja saja tetapi juga sebagai tempat mengembangkan diri bagi remaja baik dari sisi seni, olah raga maupun yang lainnya. Hal ini tentunya sesuai dengan cita-cita para perintisnya.

BACA JUGA:  Puskesmas Karang Dapo Launching Posyandu Remaja

Keunggulan Posyandu Remaja Fresh ini adalah kemampuannya dalam menggandeng kerjasama dengan lintas sektor, seperti PKBI, BNN, BPJS, KPAID, Polsek setempat, sampai Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dan banyak lagi yang lainnya. Tak hanya itu, kegiatan Posyandu Remaja Fresh juga sangat beraneka ragam, selain lima meja yang wajib ada berbagai macam aktifitas yang membuat remaja selalu menantikan pertemuan ini, antara lain ada; nonton bareng film inspiratif, kerajinan tangan dari bahan bekas, ketrampilan membuat bros, dan tentunya ada pendampingan dan dukungan kegiatan seni remaja (Kompang, Menari, Senam, Menyanyi dll). Kegiatan Posyandu Remaja ini semakin lengkap dengan adanya sinergi antara Posyandu Remaja dengan BKR atau Bina keluarga Remaja yang di dampingi oleh KPAID setempat.

HUT ke-1 Posyandu Fresh

Kreatifitas kader remaja dan pembina sangat menentukan keberlanjutan Posyandu Remaja ini. Dengan adanya kegiatan yang tidak membosankan dan selalu fresh membuat remaja selalu penasaran setiap bulannya dan enggan melewatkan kegiatan Posyandu Remaja begitu saja. Beberapa prestasi juga ditorehkan oleh remaja di Posyandu Remaja Fresh mulai dari juara harapan 1 lomba Senam CERDIK yang diadakan oleh PERSAKMI hingga juara 1 senam jantung sehat.

BACA JUGA:  Kisah dr Rio Herison Penggagas Posyandu Remaja Penangkal Kenakalan 'Kids Jaman Now'

Melihat perkembangan Posyandu Remaja yang cukup baik dan dampak perubahan pola prilaku remaja kearah yang lebih baik, Posyandu Remaja Fresh sebagai salah satu inovasi kegiatan PKPR diluar gedung Puskesmas Batu 10 sering diajak diskusi atau diminta untuk sharing tentang kegiatannya di Kelurahan lain di Kota Tanjung Pinang. Selain itu Posyandu Remaja Fresh juga pernah diminta untuk sharing melalui siaran radio RRI. Menjadi hal yang wajar jika dengan inovasi Posyandu Remaja ini membawa salah satu pembinanya yaitu Bidan Kemistia Eva menjadi Tenaga Kesehatan Teladan I tingkat Nasional untuk kategori Bidan.

Semoga dengan prestasi dan apresiasi yang diberikan kepada Posyandu Remaja Fresh menjadikan Posyandu semakin termotivasi untuk selalu berinovasi untuk meningkatkan kesehatan Remaja Indonesia.

Terima Kasih Posyandu Remaja Fresh atas inspirasinya.

Oleh, ST. Khumaidah & Kemistia Eva (Nakes Teladan I tingkat nasional tahun 2018)

Sharing is caring!

(Visited 188 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *