Ini-Dia-SBH-Pertama-di-Tingkat-Universitas-Kesehatan-di-Kota-Palopo
Saka Bakti Husada STIKes Mega Buana Palopo merupakan SBH Pertama di tingkat universitas kesehatan yang ada di Kota Palopo.

Indra Amanah AN, SKM., MPH

Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat
STIKES Mega Buana Palopo
Indra Amanah AN, SKM., MPH

Sabtu, 12 Oktober 2019 lalu STIKES Mega Buana Palopo berkomitmen untuk menjalankan secara optimal Saka Bakti Husada. Saka Bakti Husada, yang merupakan satu dari saka lainya yang ada di Gerakan Pramuka Indonesia.

Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.

SBH Mega Buana Palopo

Penanggungjawab program UKM PuskesmasWara Utara Kota (Ibu Nelly Erma, SKM., M.Kes) besertatim yang hadir.

BACA JUGA:  Giat Rutin SBH Mrebet Diisi Latihan Bantuan Hidup Dasar dari PSC 119

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugus depan meliputi 6 krida. Ada 6 Krida yang akan dijalankan oleh mahasiswa STIKES Mega Buana yang tergabung dalam Saka Bakti Husada, yakni:

  1. Krida Bina Lingkungan Sehat, yang berfokus pada penyehatan perumahan, penyehatan makanan dan minuman, pengamanan pestisida, pengawasan kualitas air dan penyehatan air.
  2. Krida Bina Keluarga Sehat yang berfokus pada kegiatan kesehatan ibu, kesehatan anak, kesehatan remaja, kesehatan usia lanjut, kesehatan gigi dan mulut serta kesehatan jiwa.
  3. Krida Penanggulangan Penyakit yang berfokus pada penanggulangan penyakit malaria, penanggulangan penyakit demam berdarah, penanggulangan penyakit anjing gila, penanggulangan penyakit diare, penanggulangan penyakit tb paru, penanggulangan penyakit kecacingan, imunisasi, gawat darurat serta HIV-AIDS.
  4. Krida Bina Gizi berfokus pada kegiatan perencanaan menu, dapur umum makanan/darurat, UPGK dalam pos pelayanan terpadu, penyuluh gizi, mengenal keadaan gizi.
  5. Krida Bina Obat, berfokus pada pemahaman obat, taman obat keluarga, pencegahan dan penanggulangan penyalah gunaan zat adiktif, bahan berbahaya bagi kesehatan dan pembinaan kosmetik.
  6. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berfokus membina PHBS di rumah, sekolah, tempat umum, instansi pemerintah, dan tempat kerja
BACA JUGA:  Mari Cegah Hipertensi Dengan Pola Hidup Sehat dan Aktivitas Fisik

Kegiatan Saka Bakti Husada ini sebenarnya telah dijalankan sejakawal 2019 namun belum terbentuk kepengurusannya yang selama ini Mahasiswa Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang terlibat, sehingga pada kesempatan ini pula dihadiri langsung oleh Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Palopo Bapak Mursalim. Beliau memberikan banyak arahan dan prosedur dalam kepengurusan hingga pada legalitas Saka Bakti Husada di STIKES Mega Buana Palopo dengan pengurusan nomor gugus depan. Beliau sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan selama ini.

Saka Bhakti Husada STIKes Mega Buana Palopo

SBH STIKES Mega Buana selama ini banyak dibantu dan berkoordinasi dengan Puskesmas Wara Utara Kota Palopo yang merupakan mitra dari STIKES Mega Buana. Penanggungjawab Program UKM Puskesmas Wara Utara Ibu Nelly Erma, SKM., M.Kes menyampaikan harapan agar SBH STIKES Mega Buana Palopo ini bisa nantinya menjadi pembinabagi SBH yang ada di SMA se-Kota Palopo, begitu juga dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Mursalim selaku Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Palopo, bahwa “STIKES Mega Buana merupakan kampus pertama di Kota Palopo yang menjalankan Saka Bakti Husada, ini merupakan semangat bagi kami atas komitmen Mega Buana membentuk SBH Bersama Puskesmas Wara Utara Kota” beliu juga menyampaikan senantiasa akan meluangkan waktu untuk SBH yang ada di STIKES Mega Buana bila dibutuhkan.

BACA JUGA:  Mahasiswa STIKes Mega Buana Palopo Jalani Program Magang di Berbagai Institusi

Hal ini pun direspon positif oleh Wakil Ketua III bidangKemahasiswaan Bapak Andrianto Dai, S.Kep., Ns., M.Kep melalui Kaprodi Sarjana Kesmas Indra Amanah AN, SKM., MPH bahwasanya akan meneruskan kepimpinan untuk segera mengoptimalkan Saka Bakti Husada di STIKES Mega Buana Palopo yang memiliki manfaat bagi masyarakat, keluarga dan lingkungan sekitar khususnya mahasiswa dan Sekolah Menengah yang akan dibina nantinya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pihak Puskesmas Wara Utara Kota beserta Kwarcab Kota Palopo yang telah mensupport SBH STIKES Mega BuanaPalopo. Kedepan dalam SBH STIKES Mega Buana Palopo tidak hanya mahasiswa kesehatan masyarakat yang terlibat namun juga keperawatan dan kebidanan sehingga mampu memaksimalkan krida yang ada.

Sharing is caring!

(Visited 82 times, 1 visits today)