Ini Harapan dan Pesan Kadinkes Way Kanan Saat Hadiri Lokmin Linsek
Melalui kegiatan advokasi ini, permasalahan indikator yang belum mencapai target dapat segera terselesaikan, sehingga IKS di wilayah Negeri Besar dapat meningkat.
Spread the love

Adra Yudrika, SKM., M.Kes

Nusantara Sehat Individual Kementerian Kesehatan
Promkes Puskesmas Rawat Inap Negeri Besar

Latest posts by Adra Yudrika, SKM., M.Kes (see all)

Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia yang dirintis dari tahun 2015-2019, dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pendekatan keluarga, mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan. Salah satu tindak lanjut dari adanya pendataan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) adalah Advokasi hasil pendataan PIS PK.

Acara Loka Karya Mini Lintas Sektor ini berlangsung pada hari Kamis, 5 September 2019 lalu di Aula Puskesmas, yang merupakan kegiatan rutin tiap triwulan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Rawat Inap Negeri Besar.

Lokmin Puskesmas Negeri Besar

Ada yang berbeda dari kegiatan loka karya mini pada waktu ini, dimana kegiatan ini tidak hanya melibatkan beberapa lintas sektor se-Kecamatan Negeri Besar tetapi juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan turun langsung terlibat di dalam acara tersebut.

BACA JUGA:  Pengalaman Lulus SKM dan Mengabdi di Puskesmas Negeri Besar, Way Kanan

Peserta yang hadir berjumlah 50 orang yang terdiri dari Pemerintah setempat (Kecamatan beserta jajarannya, Polsek, Koramil, KUA, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Kader Kesehatan, Tokoh Adat dan Agama dan Organisasi pemuda). Hasil kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh yang positif dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan Bapak Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes beserta lintas sektor se-Kecamatan Negeri Besar.

Materi disampaikan oleh salah satu pengelola program PIS PK UPT Puskesmas Negeri Besar, Adra Yudrika, SKM., M.Kes, isi materinya berupa hasil pendataan PIS PK yang telah dilakukan ditahun 2018 lalu. Informasi yang didapatkan adalah dari 12 indikator keluarga sehat, wilayah Negeri Besar masih memiliki beberapa masalah kesehatan diantaranya:

  • Masih rendahnya keluarga yang mengikuti program keluarga berencana, yaitu 54,48%,
  • Masih rendahnya bayi yang mendapatkan Air Susu Ibu (ASI), yaitu 56,35%,
  • Masih sangat rendahnya penderita Tuberculosis Paru yang mendapatkan pengobatan sesuai standar, yaitu 30,51%,
  • Masih sangat rendahnya penderita hipertensi dalam melakukan pengobatan secara teratur, yaitu 13,94%,
  • Masih sangat rendahnya penderita penderita gangguan jiwa (ODGJ) mendapatkan pengobatan dan tidak terlantar, yaitu 16,67%,
  • Masih sangat rendahnya anggota keluarga yang tidak merokok, yaitu 31,28%, dan
  • Masih sangat rendahnya anggota keluarga yang menjadi anggota Janiman Kesehatan Nasional (JKN), yaitu 20,44%.
BACA JUGA:  Petugas Puskesmas Ria Raja Datangi Warga Data Keluarga Sehat

Kegiatan yang berlangsung mulai jam 08.00 WIB hingga 12.30 WIB ini, menarik perhatian bagi pemerintah setempat, hal ini disebabkan karena kehadiran Kepala Dinas Kabupaten yang langsung medengarkan hasil capaian pendataan dan melakukan intervensi tindak lanjut terhadap beberapa indikator keluarga yang belum tercapai, beberapa diantaranya mendukung penuh program inovasi puskesmas yaitu Kerapu (Kita Perangi TB Paru), pendistribusian obat ODGJ yang tidak boleh terlambat, mengadvokasikan keluarga miskin untuk mendapatkan JKN dengan langsung meminta data penduduk miskin di wilayah setempat, serta mendukung beberapa program lainnya.

Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes

Beliau sangat berharap, intervensi tindak lanjut lainnya dari program PIS PK ini dapat dilakukan dengan membentuk desa binaan untuk dapat memudahkan petugas kesehatan dengan masyarakat untuk berkoordinasi dalam peningkatan status keluarga sehat. Tidak hanya itu, Bapak Kadis Kesehatan Way Kanan juga melakukan telusur langsung di beberapa unit pelayanan perorangan (UKP) guna mengontrol fasilitas yang tersedia di dalam Puskesmas Rawat Inap Negeri Besar.

BACA JUGA:  GERMAS Melalui Konsep Pendekatan Keluarga Puskesmas Lolo Kabupaten Kerinci

Melalui kegiatan advokasi ini, permasalahan indikator yang belum mencapai target dapat segera terselesaikan, sehingga Indeks Keluarga Sehat (IKS) di Wilayah Negeri besar dapat meningkat dengan status derajat kesehatan yang diharapkan. Camat Negeri Besar, Bapak Drs. Sahdani juga mendukung penuh segala program yang dilakukan oleh Puskesmas “Koordinasikan kepada kami, kami siap membantu” ucapnya saat membawakan sambutan di akhir kegiatan.

Kunjungan Kadinkes Way Kanan ke Puskesmas Negeri Besar

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten juga berpesan agar seluruh pengawai Puskesmas Negeri Besar untuk terus meningkatkan Ilmu Pengetahuannya, serta melaksanakan semua program kesehatan dengan sepenuh hati, maksimal dan bertanggung jawab.

Sharing is caring!

(Visited 185 times, 1 visits today)