Ini Harapan Dinkes Enrekang Dengan Road Show GERMAS ke Sekolah

Ini Harapan Dinkes Enrekang Dengan Road Show GERMAS ke Sekolah
Rijalul Jabar, S.KM, M.Adm.Kes

Rijalul Jabar, S.KM, M.Adm.Kes

Promkes Dinkes Kab Enrekang
Sekretaris Umum PERSAKMI Kab Enrekang
Rijalul Jabar, S.KM, M.Adm.Kes

Rabu, 14 Maret 2018, Road Show Germas kali ini di MI Al IKHLAS BUNTU PODONG. Kegiatan tersebut merupakan Salah satu rangkaian dari banyak agenda kegiatan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Enrekang tahun 2018.

Kegiatan bertajuk Roadshow Germas ini sejatinya akan dilaksanakan di 10 Lokus dan telah terlaksana di 7 lokus di wilayah Kab.Enrekang. Penetapan lokus prioritas berdasarkan lokus Stunting di Kab. Enrekang.

BACA JUGA:  Dinkes Kab Enrekang Stop Sajian Snack Kue yang Belum Terukur Kadar Gizinya

Ada hal menarik dalam Road Show Dinas Kesehatan ke MI AL IKHLAS BUNTU PODONG Kec. Masalle, selain lokasi sekolah yang berada cukup jauh dan dingin, petugas harus berjalan kaki untuk sampai di sekolah,  tentu semua terbayar dengan berjalan lancar acara.

Road Show Germas Dinkes Enrekang di MI Al IKHLAS BUNTU PODONG

Adapun acara dalam kegiatan roadsow adalah Persamaan Persepsi tentang Pentingnya GERMAS di Sekolah. Kepala Seksi Promkes, Sulhari, SKM, M.Adm.Kes menuturkan 3 poin utama Germas  yaitu mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, rajin beraktifitas  fisik dan rutin datang ke fasyankes untuk mengecek kesehatan.

Selain itu  dilaksanakan pula Penyuluhan PHBS  dengan materi Bahaya Rokok yang disampaikan Kepala Puskesmas Masalle, Bapak Sadar, S.Kep, Ns sendiri yang ikut dalam rombongan di hadapan Siswa/i kelas 5 dan 6 di MI Al Iklhas Buntu Podong.

BACA JUGA:  Sinergitas Wujudkan Masyarakat Sehat

Sadar, S.Kep, Ns

Tak hanya itu ada beberapa kegiatan juga yaitu penyerahan 284 Buah buku raport Kesehatanku yang di serahkan langsung oleh Wakil dari Dinas Kesehatan yaitu ibu Syarah Wahyuni, S.KM.

Acara puncak dalam road show tersebut adalah Gerakan Makan Buah bersama 40 Siswa dan Guru disekolah dan pembagian makan siang gratis yang tentunya diawali dengan demo Aksi CTPS oleh Ibu Marnia, Amd.KL, Staf Promkes dan Pemmas Dinas Kesehatan Kab. Enrekang.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini, sekolah menjadi wadah – wadah contoh dalam pembudayaan GERMAS di masyarakat, sekolah menjadi awal sebagai gerakan pencegahan stunting, serta sekolah menjadi awal Gerakan Hidup Bersih dan Sehat, karena Generasi EMAS akan tercipta dari sekolah.

BACA JUGA:  GERMAS Melalui Konsep Pendekatan Keluarga Puskesmas Lolo Kabupaten Kerinci

Harapan Dinas Kesehatan kepada sekolah bahwa komitmen GERMAS dapat dilanjutkan dengan baik. Baik ikut mensosialisasi ke keluarga Siswa/I, bahwakan dapat di angarkan secara berkelanjutan di sekolah melalui anggaran BOS.

Petugas UKS Puskesmas Masalle

Dan besar harapan Pihak Sekolah bahwa Petugas UKS Puskesmas Masalle selalu datang membina dan memberikan pemahaman terkait kesehatan, terkhusus terkait pembinaan lebih lanjut terkait pengisian Raport Kesehatan dan Pelatihan Dokter Kecil di sekolah.

Sharing is caring!

(Visited 137 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *