Ini Kegiatan Puskesmas Orong Peringati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia

Ini Kegiatan Puskesmas Orong Peringati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia
Dalam rangka memperingati hari TBC sedunia, satu pekan terahir beberapa kegiatan dilakukan di UPTD Puskesmas Orong. Berikut ini kegiatan preventif promotif yang dilakukan.

Orong, 23/03/2018, Hingga saat ini, tiga penyakit menular yang masih menjadi perhatian utama masyarakat dunia termasuk Indonesia adalah HIVAIDS, Tuberkulosis (TBC) dan Malaria. Tingkat kesakitan dan kematian yang diakibatkan serta besarnya jumlah yang terkena penyakit tersebut, menyebabkan ketiga penyakit itu tetap menjadi prioritas program kesehatan.

BACA JUGA:  Budayakan GERMAS, Pegawai Puskesmas Orong Lakukan Senam Bersama

UPTD Puskesmas Orong yang merupakan sarana pelayanan kesehatan masyarakat berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan juga bertanggung jawab untuk mengurangi angka kesakitan akibat 3 faktor tersebut.

Ketok Pintu TOSS TBC Puskesmas Orong

Dalam rangka memperingati hari TBC sedunia, satu pekan terahir beberapa kegiatan dilakukan di UPTD Puskesmas Orong, diantaranya adalah kegiatan Ketok Pintu Penderita TBC dan rumah sekitarnya, penyuluhan TBC di beberapa pertemuan masyarakat dan Kegiatan penggalangan komitmen TOSS TBC (Temukan TBC, Obati Sampai Sembuh) antar lintas sektor yang diawali dengan senam bersama di depan kantor kecamatan Welak pada hari Jum’at 23 Maret 2018 dihadiri oleh Kepala UPTD Puskesmas Orong, Kasie Kesra kecamatan Welak dan beberapa perwakilan UPTD di wilayah kecamatan Welak. Beberapa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya promotif dan preventif untuk mengurangi angka penderita penyakit TBC di wilayah kerja UPTD Puskesmas Orong.

BACA JUGA:  Puskesmas Orong Lakukan Tes Kebugaran Jantung dan Paru Untuk Staf Puskesmas

Senam Hari TBC Sedunia Puskesmas Orong

“Kami sangat berharap kerjasama semua pihak untuk melakukan upaya promotif dan preventif tentang penyakit TBC agar bisa membebaskan masyarakat kita dari penyakit TBC pada tahun 2050 sebagaimana target Indonesia Sehat tanpa TBC tahun 2050” kata Ibu Patrisia Sinarti Murti selaku Kepala UPTD Puskesmas Orong dalam sambutannya saat penggalangan komitmen TOSS TBC lintas sektor.

Hari TBC Sedunia Puskesmas orong

Sharing is caring!

(Visited 115 times, 1 visits today)

1 thought on “Ini Kegiatan Puskesmas Orong Peringati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *