You are here
Home > Inspirasi Kesmas > Ini Kontribusi Nyata Dosen Prodi IKM STIKes Indramayu Mengatasi Perilaku Merokok di Masyarakat

Ini Kontribusi Nyata Dosen Prodi IKM STIKes Indramayu Mengatasi Perilaku Merokok di Masyarakat

Ini Kontribusi Nyata Dosen Prodi IKM STIKes Indramayu Mengatasi Perilaku Merokok di Masyarakat
Depi Yulyanti, S.KM, M.Kes

Depi Yulyanti, S.KM, M.Kes

1. Sekretaris Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Idramayu
2. Pembina Kemahasiswaan Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Idramayu
Depi Yulyanti, S.KM, M.Kes

Sharing is caring!

Indramayu – Dosen Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Juntiweden, Senin, 14/9 2017 lalu, melibatkan 25 orang mahasiswa kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:  STIKes Indramayu Mencetak Generasi Emas Indonesia Yang Sehat Dan Kuat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertemakan “Gerakan Berhenti Merokok” yang meliputi kegiatan door to door campaign, konsultasi dan terapi berhenti merokok.

Mengedepankan prinsip pendekatan keluarga, diharapkan dapat menjangkau masyarakat sasaran lebih luas dan lebih mudah masyarakat memahami informasi yang disampaikan.

Dalam penyuluhan ini, disampaikan tentang kandungan berbahaya dalam rokok, bahaya merokok itu sendiri, juga cara berhenti merokok.

Selain penyuluhan secara langsung, warga juga mendapatkan stiker sebagai pengingat terkait bahaya merokok yang ditempel di dinding atau pintu rumah warga.

Sampai dengan hari ke-2 setelah diterapi beliau masih merasakan sugesti positif untuk tetap komitmen berhenti merokok, ujar salah satu warga desa-1

Bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga atau kepala keluarga perokok aktif, kami arahkan langsung untuk konsultasi dan mengikuti terapi berhenti merokok di Balai Desa Juntiweden bersama terapis dari Klinik Berhenti Merokok STIKes Indramayu, bapak Idham Latif, S.KM.,M.Epid.

BACA JUGA:  Milad KE - 15, BEM STIKes Indramayu Gelar Lomba Fotografi, Hingga Film Pendek

Hasil dari door to door campaign, konseling dan terapi berhenti merokok mendapat respon yang positif dari warga. Salah satu warga yang melakukan terapi berhenti merokok, Bapak Ahmad Sugiarto mengatakan, bahwa sampai dengan hari ke-2 setelah diterapi beliau masih merasakan sugesti positif untuk tetap komitmen berhenti merokok.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Indramayu, sebagai kontribusi nyata Dosen Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan dari perilaku merokok di masyarakat. Serta memberikan solusi secara langsung kepada masyarakat yang ingin berhenti merokok melalui terapi merokok.

Sharing is caring!

(Visited 87 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top