Ini Lho Pentingnya Serat Makanan Bagi Tubuh Kita

Ini Lho Pentingnya Serat Makanan Bagi Tubuh Kita

Dietary fibers atau serat makanan merupakan karbohidrat yang tidak dapat dipecah oleh enzim di usus manusia, sehingga tubuh tidak dapat mencernanya.

Serat makanan memiliki ikatan molekul yang tahan akan enzim di usus manusia, sehingga mereka lolos dan tidak dapat tercerna di usus halus, tetapi bisa dipecah sedikit oleh sedikit bakteri di usus besar, dan sebagian besar akan menjadi tinja.

Serat makanan sangat penting, karena dapat memperlambat penyerapan gula sederhana di usus halus yang mana ia dapat membantu menjaga kadar glukosa darah.

Ia juga menambah berat tinja dan dapat mencegah konstipasi (sembelit), dan serat seperti beta-glucan sangat baik untuk kesehatan jantung.


Penulis:
Putri Nur Annisa
Mahasiswa Kesmas STIKIM
Tulisan ini merupakan Tugas Biomedik 2


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis