Ini Pentingnya Akreditasi Puskesmas

Ini Pentingnya Akreditasi Puskesmas

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung mendorong status akreditasi Puskesmas Jebus untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.


FOKUS: Akreditasi Puskesmas


Bupati Bangka Barat, Parhan Ali mengatakan, pihaknya mendukung upaya akreditasi tersebut untuk mutu pelayanan karena kesehatan merupakan urusan wajib yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Parhan menandaskan akreditasi puskesmas ini dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan tingkat kepuasan masyarakat.

Parhan Ali pada acara penggalangan komitmen bersama menuju akreditasi Puskesmas Jebus yang dihadiri seluruh aparatur yang terdiri dari petugas medis maupun staf administrasi yang bertugas di Puskesmas Jebus dan sejumlah pejabat di lingkungan pemkab setempat.

Menurut Parhan, akreditasi merupakan bentuk komitmen bersama untuk menuju puskesmas yang berkualitas. Tujuan akhirnya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Jebus dan sekitarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Kasnety mengatakan akreditasi merupakan mekanisme regulasi untuk mendorong peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan kinerja puskesmas.

“Proses akreditasi dimulai dari tahapan sosialisasi, penggalangan komitmen bersama, penilaian dan tahapan lain yang harus dilalui. Untuk itu kami berharap seluruh elemen bersungguh-sungguh mendukung komitmen tersebut,” kata Kasnety, Selasa (21/03/2017).

Ia menjelaskan, akreditasi mengacu pada Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas dan Permenkes Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Dokter dan Dokter Gigi.

SUMBER


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis