Ini Perjuangan Tim Nakes Puskesmas Teluk Kepayang Eliminasi Malaria!

Ini Perjuangan Tim Nakes Puskesmas Teluk Kepayang Eliminasi Malaria!
Terpilihnya ketiga desa tersebut sebagai tempat dilaksanakan kegiatan MBS Malaria karena daerah tersebut merupakan daerah Endemis Malaria. Dalam kegiatan MBS Malaria dilakukan oleh para nakes dari berbagai profesi seperti Perawat, Bidan, Gizi, Kesmas dan Analis.

Tim Nakes Puskesmas Teluk Kepayang

MBS (Mass Blood Survey) dilaksanakan di tiga desa yakni Tamunih, Dadap, dan Batu Bulan yang merupakan cakupan wilayah kerja Puskesmas Teluk Kepayang.

Puskesmas Teluk Kepayang sendiri terletak di Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu Prov. Kalsel yang merupakan perbatasan Kab. Tanah Bumbu dengan Kab. Banjar.

BACA JUGA:  Tekan Malaria, Ini Perjuangan Nakes Puskesmas Teluk Kepayang

Tenaga Kesehatan Puskesmas Teluk Kepayang

Terpilihnya ketiga desa tersebut sebagai tempat dilaksanakan kegiatan MBS Malaria karena daerah tersebut merupakan daerah Endemis Malaria. Dalam kegiatan MBS Malaria dilakukan oleh para nakes dari berbagai profesi seperti Perawat, Bidan, Gizi, Kesmas dan Analis. Dalam hal ini kami Puskesmas Teluk kepayang juga bekerjasama dengan rekan-rekan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 15 – 16 Maret lalu di Desa Tamunih, dan 16 – 18 di Desa Batu Bulan. Dikarekan karena medan yang sulit pelaksanaan MBS malaria di Desa Dadap ditunda.

Perjuangan Nakes Puskesmas teluk Kepayang Eliminasi Malaria

Dalam kegiatan MBS Malaria di Desa Tamunih dan Batu Bulan, kegiatan yang dilakukan dengan pengambilan sampel darah. Pemeriksaan Malaria dibagi menjadi dua cara, cara makroskopis dan mikroskopis.

BACA JUGA:  Berantas Malaria di Ujung Paling Utara Indonesia!

Makroskopis yaitu dengan RDT (Rapid Diagnose Test) yang hasilnya dapat langsung diketahui setelah 20 menit pemeriksaan, sedangkan mikroskopis dilakukan di laboratorium PKM Teluk Kepayang. Selain pemeriksaan, dilakukan juga pengobatan Malaria massal di dua desa tersebut.

Pemeriksaan Malaria Puskesmas Teluk Kepayang

Sharing is caring!

(Visited 248 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *