Ini Upaya Lintas Sektor Kecamatan Lantung Atasi Stunting
Semoga segala bentuk upaya bersama semua lintas sektor se-kecamatan Lantung dapat menanggulangi masalah stunting yang ada.
Spread the love

Penanggulangan Stunting di Kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa melalui inovasi Kader Posyandu Balita berupa: Madunisasi, pencanangan penanaman 1 pohon kelor 1 rumah dan pemanfaatan pangan lokal.

Petugas Promkes Wardiman SKM, Imunisasi Andi Ismardatillah As, Amd.Keb dan Gizi Tria Puspanala S.Gz Tenaga kesehatan Nusantara Sehat bersama Koordinator Kader Posyandu Balita Ibu Maemunah didukung oleh Pemerintah Kecamatan Lantung.

BACA JUGA:  Cegah Demam Berdarah, Puskesmas Lantung Ajak Warga 3M Plus

Semboyan “Sabalong Samalewa” (Gotong Royong) masyarakat Lantung menggambarkan antusias yang selalu tinggi dalam setiap upaya kesehatan berbasis masyarakat, dilihat dari setiap kegiatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, beserta Pemerintah Desa untuk ikut serta.

Sosialisasi Pembentukan Desa Sadar Gizi Kec Lantung

Dimulai dari kegiatan Sosialisasi Pembentukan Desargi (Desa Sadar Gizi) pada tgl 8 – 11 Juli 2019 yang dilakukan oleh petugas promkes dan gizi di setiap desa guna meningkatkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat dalam penanggulangan Stunting.

Dengan ketersediaan madu yang melimpah di kecamatan Lantung. Kegiatan Madunisasi (pemberian madu) untuk anak-anak PAUD secara rutin dilaksanakan. Melihat kuantitas vitamin dan mineral yang ada didalam madu lebih dari cukup untuk seorang anak yang berada dalam tahap tumbuh dan berkembang. Madu mengandung banyak asam amino, yang membantu mengembangkan fisik seorang anak.

BACA JUGA:  Aplikasi GERMAS di Wilayah Pedalaman, Apa Bisa?

Madunisasi Puskesmas Lantung

Pencanangan penanaman 1 pohon kelor 1 rumah, beserta Pemanfaatan Pangan Lokal yang dilakukan dalam kegiatan Germas pada tanggal 29 Juli 2019 dipimpin langsung oleh Camat Lantung, Bapak Muhammad Nur dan Ibu Ketua PKK Aya Shofia dan seluruh lintas sektor Kecamatan Lantung.

Penanam pohon kelor secara simbolis agar masyarakat dapat menanam serta mengkonsumsi daun kelor sebagai sumber pangan alternatif. Pemanfaatan Pangan Lokal seperti mengkonsumsi singkong juga diupayakan melihat singkong juga banyak tumbuh di sekitar rumah selain juga memiliki kandungan tinggi nutrisi.

Pada tanggal 14 Agustus 2019, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Sumbawa, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Lantung berkolaborasi bersama Puskesmas Lantung melakukan pelatihan inovasi, pengembangan sumber daya manusia (PSDM) bagi kader pembangunan manusia (KPM) dan aparatur Desa, dengan prioritas masalah Stunting.

BACA JUGA:  Ahli Gizi Puskesmas Entikong Ini Raih Juara 2 Pejuang Kesehatan Nasional Dompet Dhuafa 2017

pelatihan inovasi, pengembangan sumber daya Puskesmas Lantung

Kepedulian terhadap masalah stunting menjadi indikator membangun generasi masa depan. Semoga segala bentuk upaya bersama semua lintas sektor se-kecamatan Lantung dapat menanggulangi masalah stunting yang ada.

Sharing is caring!

(Visited 186 times, 1 visits today)