Intip Keseruan Posyandu Lansia KOMPAK di Ujung Teluk Bintuni
Begini keseruan Posyandu Lansia "KOMPAK" Puskesmas Kalitami Distrik Kamundan Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 7.

Pengalaman menarik di tempat tugas disampaikan oleh Bidan Titi Juniati, S.Tr.Keb sebagai palaksana tugas “Posyandu Lansia KOMPAK” Puskesmas Kalitami Distrik Kamundan Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat. Sebagai anak rantau dari Bima NTB untuk sebuah pengabdian bagi bangsa dan negara, ia merasa senang melihat antusias dari semua lansia yang hadir dalam kegiatan posyandu. Bidan Titi menganggap semua lansia di wilyah kerja saya sebagai kakek dan nenek saya sendiri, serta dengan senang mereka menerima saya sebagai cucunya.

Para lansia mengikuti arahan, instruksi dari petugas kesehatan dan kader “Posyandu Lansia KOMPAK” mulai dari awal sampai selesai. Posyandu lansia adalah Pos Pelayanan Terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana para lansia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kegiatan Posyandu Lansia KOMPAK

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Posyandu Lansia “KOMPAK” melaksanakan kegiatan rutinnya setiap bulan yaitu pada tanggal 7. Sasaran Posyandu Lansia Kompak Distrik Kamundan yakni:

  • Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun)
  • Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas)
  • Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas) yang berada di wilyah kerja Puskesmas Kalitami
Pemeriksaan Kesehatan Posyandu Lansia Kompak

Pelayanan Kesehatan di Posyandu lanjut usia Distrik Kamundan meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi oleh lansia

Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi setempat seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia dan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan santai untuk meningkatkan kebugaran.

Posyandu Lansia KOMPAK Puskesmas Kalitami

Bapak Abdul Gafur Urbun (Kepala Kampung Maroro Distrik Kamundan) sangat mengapresiasi kegiatan posyandu lansia ini. “Sebagai kepala kampung saya sangat mendudkung apapun yang dilakukan oleh Puskesmas karena saya yakin mereka bertugas demi menjaga kesehatan kita semua khususnya Distrik Kamundan yang sangat jauh dari kota ini”, ungkap Pak Abdul.

Sharing is caring!

(Visited 53 times, 1 visits today)