Jawab Kebutuhan Remaja, Posyandu Remaja Pertama di Indramayu Dibentuk

Jawab Kebutuhan Remaja, Posyandu Remaja Pertama di Indramayu Dibentuk
Harapan dengan dibentuknya Posyandu Remaja ini selain sebagai pioner di Kabupaten Indramayu juga bagi remaja diantaranya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang meliputi kesehatan reproduksi remaja.

Penggalangan komitmen bersama lintas sektor dalam pembentukan dan pelaksanaan Posyandu remaja di wilayah Kecamatan Krangkeng, Senin 29 Oktober 2018.

Penggalangan Komitmen Linsek Puskesmas Krangkeng

Masa remaja merupakan masa storm and stress, karena remaja mengalami banyak tantangan baik dari diri mereka sendiri (biopsychosocial factors) ataupun lingkungan (environmental factors).

Apabila remaja tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, mereka dapat berakhir pada berbagai masalah kesehatan yang begitu kompleks sebagai akibat dari perilaku berisiko yang mereka lakukan.

BACA JUGA:  Meriahnya Peringatan HKN ke 53 dan Pencanangan Germas UPTD Puskesmas Krangkeng

Berdasarkan hasil Survei Mawas Diri (SMD) yang dilakukan pada 40 remaja tanggal 20 Oktober 2018 yang berisi 11 pertanyaan yang salah satunya adalah “perlu ada pelayanan atau kegiatan kesehatan remaja di luar gedung Puskesmas”, dari 40 remaja usia 10-18 tahun, 29 orang menjawab “ya”. Maka kami melakukan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) terkait dengan pembentukan Posyandu Remaja. Sebagai percontohan di wilayah Kecamatan Krangkeng di bentuk di Desa Singakerta Blok Pesantren.

Pada acara penggalangan komitmen ini dihadiri oleh Camat Krangkeng, Kepala Puskesmas Krangkeng dan Kepala Puskesmas Kedungwungu, Danramil Krangkeng, Koordinator Pendidikan wilayah Krangkeng, Kepala KUA Krangkeng, Kepala BPPKB Krangkeng, Kepala Desa Singakerta, Ketua BPD, ketua MPD, Ketua Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Singakerta. Sebagai narasumber tentang pembentukan Posyandu Remaja Neneng Nurhayati, SKM, selaku PJ Promkes UPTD Puskesmas Krangkeng.

BACA JUGA:  Dinkes Indramayu Gelar Sosialisasi Program Keluarga Sehat

Puskesmas Krangkeng Posyandu Remaja

Harapan dengan dibentuknya Posyandu Remaja ini selain sebagai pioner di Kabupaten Indramayu juga bagi remaja diantaranya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang meliputi kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan Napza, gizi, aktifitas fisik, pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), pencegahan kekerasan pada remaja.

Bagi petugas tenaga kesehatan Posyandu Remaja ini dapat mendekatkan akses pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat terutama remaja dan membantu remaja dalam memecahkan masalah kesehatan spesifik sesuai dengan keluhan yang dialaminya.

Camat Krangkeng Komitmen Dukung Posyandu Remaja

Sharing is caring!

(Visited 128 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *