Kabupaten Sragen Deklarasikan Open Defecation Fee (ODF) di Malam Tahun Baru
Penghujung tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Sragen selain merayakan malam pergantian tahun, juga menyelenggarakan Deklarasi Kabupaten Open Defecation Free (ODF).

Di penghujung tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Sragen selain merayakan malam pergantian tahun baru 2019, juga menyelenggarakan Deklarasi Kabupaten Open Defecation Free (ODF) sebagai wujud komitmen yang nyata pemerintah Kabupaten Sragen yang mentargetkan Sragen Stop Buang Air Besar Sembarangan di Tahun 2018.

Penyelenggaraan deklarasi ODF dilaksanakan di Alun-alun Sasono Langen Putro 31 Desember 2018 jam 20.15 dipimpin langsung oleh Bupati Sragen dan dihadiri Pejabat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Bapak dr. Yulianto Prabowo, M.Kes beserta Kabid. Kesehatan Masyarakat dan Kasi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga.

BACA JUGA:  Tahun Ini Giliran Desa Racang Welak yang Ditargetkan Jadi Desa STBM

Peserta kegiatan ini terdiri dari Forkopimda Kab. Sragen, seluruh Kepala Dinas/ Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sragen, Camat, Lurah/ Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Sanitarian se Kabupaten Sragen, serta perwakilan bidan desa.

Walau di tengah guyuran hujan deras, namun acara deklarasi ODF berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti, bahkan masyarakat sangat antusias karena setelah deklarasi ODF, perayaan malam tahun baru dimeriahkan dengan hadirnya Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

Forkopimda Kab. Sragen beserta staf

Pembacaan deklaras dipimpin oleh Bupati Sragen bersama perwakilan Camat sebanyak 8 camat yang berasal dari Kecamatan Masaran, Kedawung, Sambirejo, Sidoharjo, Miri, Sukodono, dan Jenar.

Dalam kesempatan kali ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yaitu dr. Yulianto Prabowo, M.Kes yang menyampaikan pentingnya Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) bagi kesehatan masyarakat terhadap pencegahan penyakit akibat kotoran manusia, serta menyampaikan pesan-pesan agar masyarakat selalu melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai berikut :

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun
  3. Pengelolaan makanan dan minuman di rumah yang bersih dan terhindar dari serangga.
  4. Pengamanan sampah
  5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga
BACA JUGA:  Kepala Desa Katongan Siap Distribusi Stimulan Jambanisasi Untuk 120 KK

Warga Sragen Hadiri Deklarasi ODF dan Perayaan Malam tahun Baru 2019

Sharing is caring!

(Visited 99 times, 1 visits today)