Program kader anti rokok remaja ini mampu mendukung dalam mengurangi perilaku remaja yang merokok di usia sekolah khususnya di Kecamatan Pulau Merbau.

Kader Anti Rokok Remaja Kecamatan Pulau Merbau

Karena sangat memprihatinkannya kasus-kasus remaja yang merokok di usia sekolah khususnya di Kecamatan Pulau Merbau, angka 40% dari remaja yang merokok di usia sekolah berdasarkan survey melalui kuisioner pada tahun 2016 di Kecamatan Pulau Merbau dinilai cukup sangat tinggi.

Untuk itu bagian Promosi Kesehatan UPT Puskesmas Pulau Merbau berupaya untuk mengeliminasi angka tersebut dengan membentuk suatu wadah bagi para remaja-remaja yang berprestasi untuk bergabung di dalam kader anti-rokok remaja Kecamatan Pulau Merbau. Kader anti rokok remaja merupakan suatu wadah bagi para remaja untuk mempromosikan bahaya rokok terutama bagi teman-teman sebayanya.

Pada tahun 2016 dilaksanakanlah seleksi kader anti rokok remaja se-Kecamatan Pulau Merbau. Dari hasil seleksi diperoleh 25 orang kader anti rokok remaja angkatan I. Hingga tahun 2019, Kader anti rokok remaja sudah memasuki angkatan ke IV dengan jumlah kader berjumlah 134 orang.

Kader Anti Rokok Remaja Kecamatan Pulau Merbau

Adapun tugas Utama dari Kader anti-rokok kecamatan pulau merbau ini antara lain:

  • Membuat video promosi bahaya rokok
  • Mengkampanyekan bahaya rokok bagi remaja di tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat di Kecamatan Pulau Merbau
  • Melakukan pencatatan dan pelaporan serta Konseling Sebaya bagi remaja yang ingin berhenti merokok.

1. Kompetisi Pembuatan Video Promosi Bahaya Rokok Bagi Remaja.

Kompetisi pembuatan video promosi bahaya rokok bagi remaja merupakan kegiatan lintas sektoral terkait tingkat kecamatan yang di prakarsai oleh bagian promosi kesehatan UPT Puskesmas Pulau Merbau.

Kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari Camat Pulau Merbau, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Pulau Merbau, Kepala UPT Puskesmas Pulau Merbau dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Pulau Merbau.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2016 di Desa Semukut dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang kader anti rokok remaja Kecamatan Pulau Merbau. Yang dilombakan dalam kompetisi ini adalah video promosi bahaya rokok yang telah dibuat langsung oleh kader-kader anti rokok remaja ini.

Kompetisi Pembuatan Video Promosi Bahaya Rokok

Kompetisi pembuatan video promosi oleh kader anti rokok remaja ini di pimpin oleh dewan juri langsung dari pihak Kecamatan Pulau Merbau, UPTD Pendidikan kecamatan Pulau Merbau, UPT Puskesmas Pulau Merbau dan Bagian Promosi Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan ini mendapat apresiasi yang sangat besar oleh seluruh elemen masyarakat kecamatan Pulau Merbau karena kader-kader anti rokok remaja ini mampu membuat video-video promosi bahaya rokok yang sangat bagus.

2. Kampanye Bahaya Rokok Bagi Remaja di Tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat

Dasar dari kegiatan Kampanye bahaya rokok bagi anak sekolah ini adalah tugas dari kader anti rokok remaja Kecamatan Pulau Merbau. Kader anti-rokok remaja harus mampu mensosialisasikan bahaya rokok bagi remaja minimal di tingkat SD hingga ketingkat SMA Sederajat di Kecamatan Pulau Merbau.

Keseluruhan kegiatan ini dibungkus jadi satu dalam kegiatan Kampanye Bahaya Rokok oleh kader anti rokok remaja dan dipimpin oleh bagian Promosi Kesehatan UPT Puskesmas Pulau Merbau.

Kader Anti Rokok Remaja Kecamatan Penggerak Masyarakat Hidup Sehat di Kecamatan Pulau Merbau.

Tidak hanya sebagai tonggak pelayanan Upaya Kesehatan sekolah dan Posyandu remaja, fungsi dari kader-kader ini juga berkembang sebagai penggerak masyarakat untuk hidup sehat. Dari tahun 2016 hingga sekarang 2019 mereka aktif di dalam kegiatan kemasyarakatan dalam mempromosikan hidup sehat. Kader Anti Rokok Remaja juga aktif di dalam event event tingkat Kecamatan Pulau Merbau dalam mempromosikan perilaku remaja sehat.

kader anti rokok aktif kegiatan germas

Tidak hanya itu, peran dari kader Anti Rokok Remaja dan Kader Kesehatan Remaja dalam mengajak masyarakat untuk hidup sehat di Kecamatan Pulau Merbau juga sangat kuat sekali. Mereka aktif di dalam kegiatan kemasyarakatan terutama di bidang kesehatan dan sosial.

Capaian Kegiatan Kader Anti Rokok Remaja Wilayah Kerja UPT Puskesmas Pulau Merbau

Untuk masalah prilaku remaja, setelah dilakukan survey pada akhir tahun 2017 di sekolah yang melaksanakan posyandu remaja dengan pengisian kuisioner oleh 488 orang siswa/i, didapatkan hasil berupa peningkatan perilaku remaja kearah yang lebih baik.

Persentase hasil survey masalah remaja kecamatan pulau merbau Tahun 2017

Grafik Persentase hasil survey masalah remaja kecamatan pulau merbau Tahun 2017

Angka remaja yang merokok menurun yaitu 2% remaja yang masih merokok di Desa Kuala Merbau, 1,2 % di Desa Semukut dan 0,8 % di Desa Batang Meranti. Hal ini dipengaruhi oleh kampanye-kampenye bahaya rokok yang telah dilaksanakan oleh kader-kader anti-rokok remaja beserta tenaga kesehatan UPT Puskesmas Pulau Merbau di sekolah-sekolah.

Program kader anti-rokok remaja ini mampu mendukung dalam mengurangi perilaku remaja yang merokok diusia sekolah khususnya di Kecamatan Pulau Merbau.

Dari data capaian diatas dapat dilihat bahwa Program Remaja Sehat yaitu Kader Anti Rokok Remaja mampu menurunkan angka anak perokok di usia sekolah di Kecamatan Pulau Merbau. Selain itu Kader Anti Rokok Remaja berhasil menjadi Icon Remaja Sehat di Kecamatan Pulau Merbau karena mereka secara aktif mengkampanyekan masyarakat hidup sehat.

Program kader anti-rokok efektif tekan angka merokok remaja

Sharing is caring!

(Visited 344 times, 2 visits today)