Kader Posbindu Memperkuat Jalinan Komunitas dengan Komunikasi Antar Pribadi yang Efektif

Kader Posbindu Memperkuat Jalinan Komunitas dengan Komunikasi Antar Pribadi yang Efektif

Pengabdian masyarakat ini dikemas dalam bentuk pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta kader Posbindu Penyakit Tidak Menular Desa Cipakat Kecamatan Singaparna. Pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Faisal Fadilla Noorikhsan, M.Si dan beranggotakan, Andy Muharry SKM, MPH, Dadan Yogaswara SKM., MKM., Nisa Noor Annashr SKM., MKM. dan Taufik Nurohman, S.IP., MA.

Acara pelatihan dimulai dengan pembukaan, sambutan dari Kepala Desa Cipakat yang diwakili oleh Sekertaris Desa Cipakat, Kepala UPTD Puskesmas Tinewati dan Perwakilan Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Siliwangi.
Taufik Nurohman, S.IP., MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa keterampilan komunikasi antar pribadi sangat penting bagi kader Posbindu Penyakit Tidak Menular karena keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu kader membangun kepercayaan dengan anggota masyarakat yang mereka layani.

Kepercayaan ini sangat penting untuk memastikan bahwa masyarakat merasa nyaman dan aman berbicara tentang masalah kesehatan mereka. Selain itu, kader harus mampu memberikan motivasi dan dukungan kepada individu yang berisiko atau yang sudah menderita penyakit tidak menular. Komunikasi yang empatik dan mendukung sangat penting untuk membantu mereka mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengelola kondisi kesehatan mereka.

Selanjutnya, Kepala UPTD Puskesmas Tinewati Bdn. Hj. Pipit Pitriani, S. ST., S. KM dan Sekretaris Desa Cipakat selaku mitra dalam kegiatan ini menyambut baik kegiatan yang dilakukan. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan kader dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pelayanan Posbindu Penyakit Tidak Menular. Sehingga upaya pencegahan penyakit tidak menular di Desa Cipakat dapat berjalan optimal. Beliau pun berharap, kedepannya program kemitraan pengabdian masyarakat ini dapat berkelanjutan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan serah terima alat kesehatan (PTM KIT) yang diserahkan Tim pengabdian kepada pihak Desa Cipakat dan Puskesmas Tinewati. PTM KIT ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana penunjang dalam pelayanan Posbindu di Desa Cipakat.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang komunikasi antar pribadi yang disertai dengan praktik komunikasi pribadi yang efektif. dan setelah itu dilanjutkan dengan praktik penggunaan alat posbindu yang di pandu langsung oleh Pemegang Program Penyakit Tidak Menular dan Lansia UPTD Puskesmas Tinewati serta Bidan Desa Cipakat.
Respon peserta pelatihan ini sangat baik terlihat pada saat praktik komunikasi efektif dan simulasi penggunaan alat Posbindu PTM, sebagian peserta terlihat aktif dalam mengikuti kegiatan. Acara diakhiri dengan pengisian pretest dan foto bersama.

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis