Kader Radar Jaga, Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kampunglaut Sehat

Seiring berjalannya waktu, permasalahan kesehatan masyarakat yang ada pun berkembang secara komplek sehingga dibutuhkan langkah preventif yang optimal untuk pencegahan masalah tersebut, seperti yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Kampunglaut Kab.Cilacap.

UPTD Puskesmas Kampunglaut merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan primer yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap yang terletak disebelah barat dari Pulau Nusakambangan. Wilayah geografis yang cukup berbeda dengan lainnya dimana aksesnya adalah segara anakan yang membentang dari Pulau Nusakambangan hingga Kecamatan Kampunglaut dan transportasi utama yang digunakan adalah perahu dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 Jam dari Dermaga Seleko Kabupaten Cilacap.

Upaya preventif yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Kampunglaut adalah dengan pembentukan kader Radar Jaga. Radar Jaga adalah Keluarga Sadar dengan Jamban Keluarga. Kader Radar Jaga merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan yang sejalan dengan visi UPTD Puskesmas Kampunglaut yaitu mendorong kemandirian masyarakat untuk menciptakan budaya dan lingkungan sehat. Kader Radar Jaga berasal dari kader kesehatan yang ada di desa wilayah kerja UPTD Puskesmas Kampunglaut Kabupaten Cilacap.

BACA JUGA:  Menkes Minta Dinkes Cilacap Lihat Ekses Industri Besar ke Kesehatan Masyarakat

Kader Radar Jaga dibentuk dengan tujuan untuk bekerjasama dengan puskesmas dalam rangka upaya peningkatan derajad kesehatan masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Kader merupakan tokoh masyarakat yang sangat penting perannya di masyarakat sehingga puskesmas dalam hal ini akan melakukan pembinaan dengan memberikan berbagai pelatihan kepada para kader yang terpilih. Disisi lain, Kader Radar Jaga dikatakan sebagai Natural Leader dibidang kesehatan masyarakat karena perannya yang cukup besar.

Langkah-langkah dalam pembentukan kader radar jaga yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Kampunglaut seperti melakukan koordinasi dengan Desa terkait pemilihan kader, kemudian membuat Surat Keputusan terkait kader Radar Jaga , dan mengadakan kegiatan pelatihan secara rutin.

BACA JUGA:  Dinkes Cilacap: Persalinan Tak Dijamin Jamkesda

Materi pelatihan yang diberikan adalah berdasarkan permasalahan kesehatan masyarakat klasik yang ada di wilayah Kecamatan Kampunglaut yaitu masalah jamban sehat yang masih kurang dan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) yang masih rendah. Kedua permasalahan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap derajad kesehatan masyarakat yang ada, jika masyarakat belum menerapkan PHBS dengan baik yaitu ditandai dengan tidak menggunakan jamban sehat maka akan muncul adanya kasus atau penyakit berbasis lingkungan misalnya diare.

Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Kampunglaut

Permasalahan klasik jamban yang belum memenuhi syarat kesehatan inilah yang mendorong terbentuknya inovasi kader radar jaga. Kader radar jaga akan melakukan kegiatan pemicuan bersama dengan puskesmas untuk melakukan upaya peningkatan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya penggunaan jamban sehat.

Kader radar jaga diharapkan akan menjadi motor penggerak masyarakat menuju masyarakat sehat dan sejahtera. Kegiatan yang dilakukan oleh kader radar jaga selain membantu pemicuan juga untuk melakukan kegiatan promosi kesehatan dan membantu pelaporan jumlah akses jamban serta membantu pelacakan kasus diare yang kemungkinan disebabkan jamban yang kurang sehat. Rangkaian kegiatan kader radar jaga disinkronkan dengan tupoksi puskesmas yaitu salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:  Dinkes Cilacap: Persalinan Tak Dijamin Jamkesda

Kader radar jaga yang dimiliki oleh UPTD Puskesmas Kampunglaut ini sudah berjalan sekitar 1 bulan setelah pembentukannya dan sangat antusias didalam pelaksanaan kegiatan. Harapannya ketika sinkronisasi  Puskesmas sebagai pembina dan kader terjalin dengan baik maka akan mewujudkan Kecamataan Kampunglaut sehat. Meskipun didalam pelaksanaannya terdapat hambatan, salah satunya adalah masalah geografis Kecamatan Kampunglaut, dimana antara satu desa dengan desa lainnya dipisahkan oleh Segara Anakan, sehingga akses akan menjadi hal yang sulit, namun jika kita tetap semangat untuk mengabdi maka hambatan dan rintangan apapun tidak akan menyurutkan langkah kami untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat melalui pembetukan kader Radar Jaga.

Kesehatan masyarakat bukan hanya tanggungjawab dari petugas kesehatan UPTD Puskesmas  akan tetapi kerjasama dari berbagai sektor yang melibatkan masyarakat didalam upayanya.

Terimakasih, Salam Sehat

Penulis:
Angger Luhung Nur Fadlilah, S.KM
UPTD Puskesmas Kampunglaut Kab. Cilacap

Sharing is caring!

(Visited 69 times, 1 visits today)