SSR Aisyiyah Sragen
Kamis 3/1/2018, Tim SSR Aisyiyah Sragen bersama LasizMu Sragen bantu pasien TBC di daerah Puro Karangmalang Sragen.

Kembali SSR TB-HIV Aisyiyah Care Sragen gandeng LasizMu Sragen bantu pasien TBC. Tahun baru diawali dengan kerja dan semangat baru. Kamis 3/1/2018, SSR Aisyiyah Sragen memulai kegiatan di tahun ini dengan merespon cepat laporan masyarakat yang masuk melalui media sosial.

BACA JUGA:  Puskesmas Krangkeng Sosialisasi Penjaringan CBA - TBC dan RVS Kusta

Adanya laporan keberadaan pasien TBC di daerah Puro, Karangmalang Sragen. Menggerakkan Tim Aisyiyah Care menuju kediaman pasien, bergandengan dengan LazisMu -Muhammadiyah Sragen, yang saat itu diwakili oleh Sdr. Tomi. Kami bersama LazisMu melakukan investigasi riwayat pasien dan sedikit interview dengan orang tua pasien.

Setelah kami rasa cukup informasinya, kami melanjutkan hasil temuan kami dengan melaporkan ke Puskesmas Karangmalang apakah sudah ada data & pengobatan atas nama “D” di rekam medis puskesmas. Puskesmas menjadi sarana terdekat masyarakat menjadi solusi terkait masalah kesehatan. Sambutan hangat pun diberikan oleh dr. Haris selaku Kepala Puskesmas Karangmalang dan akan ditindak lanjut dengan kunjungan bersama Promkes dan Bidan Desa. Apresiasi yang tinggi terhadap pelayanan yang ada di puskesmas Tsb.

BACA JUGA:  Training Media Campaign, SSR TB – HIV Care Aisyiyah Sragen Gandeng Kesmas-ID

“Kami setelah menemui pasien, konsultasi ke Puskesmas & di hari yang sama pula menemui penjangkau dan berkonsultasi dengan pendamping agar sekiranya pasien yang bersangkutan apabila positif TB agar mau juga diperiksa HIV-nya. Support dan semangat diharapkan dari semua kelompok masyarakat agar yang sakit segera disembuhkan”, ujar Edi Pramono, selaku koordinator program menyampaikan. Tugas kami hari itu di akhiri dengan mengahdiri undangan peresmian gedung baru Puskesmas Gondang.

“Fasilitas kesehatan yang ada di Sragen sudah sangat lengkap, kami berharap bisa di maksimalkan pelayanannya. Dan kedepan agar lebih ditingkatkan pelayanan preventif dan promotif untuk pencegahan terhadap penyakit yang ada di masyarakat”, ujar Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di sela-sela membuka peresmian gedung puskesmas tersebut.

BACA JUGA:  Bantu Pasien TB, SSR Aisyiyah Sragen Gandeng LazisMu & Geprek Group

Hal ini juga sejalan dengan Muhammadiyah – Aisyiyah dalam penanggulangan TB.

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh pada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar; merekalah orang yang beruntung.”
(Q.S Ali Imron 3: 104).

Sharing is caring!

(Visited 36 times, 1 visits today)