Kelompok Tabungan Jamban Dusun Nglebak Mulai Membangun Jamban Sehat
Kelompok tabungan jamban yang terdiri dari 14 KK warga dusun Nglebak kini mulai membangun jamban sehat. Sebelumnya menggunakan jamban cemplung.

Katongan (22/05/2017) Kelompok tabungan jamban yang terdiri dari 14 KK warga dusun Nglebak yang awalnya masih menggunakan jamban cemplung atau numpang saat ini mulai membangun jamban sehat. Pada pukul 09.00 WIB pasukan biru (kader klaster berdaya desa Katongan) bersama Fasilitator PKPU mulai berkumpul di rumah Ibu Suprihartini selaku dukuh Nglebak sekaligus kader untuk melakukan home visit ke rumah anggota kelompok tabungan jamban.

Sebelum melakukan Home visit, fasilitator PKPU bersama kader terlebih dahulu melakukan brifing untuk membahas pembagian tugas dalam pendampingan masyarakat yang akan dilaksanakan. Setelah semua memahami tugas masing-masing, rombongan yang terdiri dari fasilitator PKPU dan Kader memulai Home visit dari rumah pak Samidi selaku ketua kelompok tabungan jamban. Di rumah beliau rombongan mendapati Pak Samidi sedang melakukan penggalian lubang untuk Septitank bergotong royong dengan Anaknya.

Dalam pelaksanaan home visit tersebut, kader focus memberikan edukasi tentang pemilihan tata letak pembangunan jamban dan menanyakan rencana pembangunan yang direncanakan oleh warga. Setelah dari rumah Pak Samidi, kader beserta fasilitator PKPU melakukan home visit ke warga yang lain, hingga 14 KK berhasil di kunjungi. Dalam kegiatan home visit tersebut, warga menanggapi kedatangan rombongan dengan baik dan senyuman gembira karena mulai membangun jamban.

Pada saat pelaksanaan home visit, rombongan mendapati 90% warga sedang melaksanakan pembangunan jamban, dimana ini merupakan komitmen yang warga nyatakan setelah dilaksanakannya Pemicuan STBM di dusun Nglebak yang kemudian juga di dukung oleh adanya stimulan jambanisasi dari pemerintah desa Katongan. ” Alhamdulillah, akhirnya kita bisa memulai hidup yang lebih sehat dengan membangun jamban” Ujar Pak Samidi.

Sharing is caring!

(Visited 170 times, 1 visits today)