Kemitraan STIKes Horizon Karawang - Joyfulcare Siap Wujudkan Daya Saing Global
Kerjasama dengan PT Joyfulcare Indonesia sejalan dengan misi Horizon Education yaitu membentuk manusia Indonesia yang global serta membuat hidup lebih baik lewat pendidikan yang berkualitas.

PT Joyfulcare Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan perekerutan tenaga caregiver atau perawat lansia ke Jepang mengikat kerjasama lewat penandatangan MoU dengan STIKes Horizon Karawang pada tanggal 29 Maret 2022 lalu.

“Kami sebagai perusahaan perekrut tenaga kerja high level caregivers mengikat kerjasama dengan STIKes Horizon Karawang dengan pertimbangan posisi kampus yang strategis, serta STIKes Horizon Karawang merupakan salah satu institusi pendidikan kesehatan yang cukup besar di Karawang,” ujar Erick Hendrawan selaku head Marketing PT. Joyfulcare Indonesia.

Kemitraan STIKes Horizon Karawang - Joyfulcare

Rasanya pertimbangan tersebut tidaklah berlebihan. Sebab STIKes Horizon Karawang yang dahulu bernama STIKes Kharisma sudah berdiri sejak tahun 1991 dan merupakan kampus pertama yang menyediakan jurusan keperawatan di Karawang. Kini semenjak diakuisisi oleh Yayasan Triputra Persada Horizon Education, STIKes Horizon Karawang menyediakan jurusan D3 kebinanan, D3 Keperawatan, S1 Keperawatan dan profesi NERS.

BACA JUGA:  STIKes Horizon Karawang Tingkatkan Peluang Kerja Lulusan dengan Kurikulum K3 dan Gadar

Ditandatanganinya MoU dengan PT Joyfulcare Indonesia bagi STIKes Horizon Karawang sendiri menambah partner industri STIKes Horizon Karawang yang sebelumnya telah mempunyai kemitraan dengan dua perusahaan besar yaitu Triputra Grup dan Persada Capital Investama. STIkes Horizon Karawang sendiri berada dibawah pengelolaan PT IndPhil Management yang ditangani oleh PHINMA Education dari Filipina.

Kerjasama dengan PT Joyfulcare Indonesia sejalan dengan misi Horizon Education yaitu membentuk manusia Indonesia yang global serta membuat hidup lebih baik lewat pendidikan yang berkualitas. Karena itu para lulusan STIKes Horizon Karawang memang dipersiapkan bukan hanya untuk unggul di pasar kerja lokal, namun juga pasar kerja global.

Berbicara pasar kerja global, Erick Hendrawan mengatakan peluang kerja sebagai caregivers atau perawat lansia di Jepang kian tahun kian tinggi permintaannya. Hal ini tak terlepas dari kondisi demografi di Jepang dimana komposisi penduduk seniornya cukup tinggi dibandingkan generasi muda.

“Kami memberikan berbagai pelatihan bagi para calon caregivers untuk bekerja di berbagai rumah sakit dan panti jompo di Jepang untuk merawat para lansia mulai dari bahasa Jepang, keterampilan hingga pengetahuan tentang budaya setempat dan menyalurkannya. Para calon pekerja yang siap akan memegang visa Tokutegino (visa khusus keahlian professional caregivers) merupakan visa kerja bukan visa magang. Sehingga untuk salary dan perlakuan yang diterima disamakan dengan pekerja asli Jepang,” tukas Erick.

BACA JUGA:  Cegah Sex Bebas, Mahasiswa Prodi IKM STIKes Indramayu Lakukan Penyuluhan di Sekolah Ini

Lewat kerjasama dengan PT Joyfulcare Indonesia, jalan bagi para lulusan STIKes Horizon Karawang untuk menjadi tenaga kerja unggulan di pasar kerja global akan semakin terbuka lebar. Terlebih lagi Erick sendiri mengakui dengan latar belakang skill keperawatan yang sudah matang seperti para lulusan D3 Keperawatan STIKes Horizon Karawang, akan memiliki keunggulan tersendiri karena sudah sangat siap menangani berbagai sisik-melik perawatan lansia. “Terlebih lagi, jiwanya sudah jiwa perawat, bukan hanya siap secara pengetahuan kesehatan tapi juga sudah siap melayani,” tutup Erick.

 

 

 

(Visited 57 times, 1 visits today)