Kenapa Dana Desa Harus Digunakan Untuk Kesehatan Masyarakat

Kenapa Dana Desa Harus Digunakan Untuk Kesehatan Masyarakat?

Kesehatan Tidak Egois.
Kesehatan Tidak Bisa berdiri sendiri.
Kesehatan Masyarakat perlu dukungan semua sektor.

Di era pemerintah Presiden Jokowi adanya kebijakan Dana Desa, setiap Desa berhak menerima dana untuk digunakan oleh desa itu sendiri. Penggunaan dana desa sebagaimana Permendesa nomor 22 tahun 2016 tentang penggunaan dana desa 2017, dana desa harus dipergunakan dengan memperhatikan azas manfaat, salah satunya harus memberikan manfaat terhadap kesehatan.

Lalu kenapa dana desa harus digunakan untuk kesehatan? Bukankah sudah ada kapitasi dari JKN dan BOK?

Kapitasi memang digunakan untuk program preventif, begitu juga dengan BOK. Namun permasalahan kesehatan masyarakat di masing-masing desa sangatlah kompleks, tidak hanya 1 penyakit saja. Dana BOK maupun Kapitasi tidak mungkin cukup untuk membangun posyandu di setiap dusun, atau membuat PMT untuk sekian banyak balita di masing-masing desa. Adanya dana desa ini membantu yang tentunya manfaat kesehatannya untuk masyarakat desa itu sendiri.

Dana desa bangun Infrastruktur, itu penting?

Sangatlah penting, akses jalan juga mendukung kesehatan masyarakat disana. Sehingga pemerintah desa dapat membagi persentase untuk perbaiki infrastruktur lebih besar dibanding yang lainnya.

Jangan sampai ambulance kesulitan menempuh rumah warga, jangan sampai juga jalan terlalu ektreme sehingga berbahaya dan menimbulkan banyak korban. Jangan sampai ada ibu dan bayi meninggal karena telat menuju faskes yang disebabkan sulitnya akses.

Inilah kesehatan tidak bisa berdiri sendiri, perlu dukungan sektor lain. Namun jangan dilupakan dalam pembangunan jangan hanya fisiknya saja, tapi manusianya harus dibangun melalui pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan dan sosbud.
.
Loc: Desa Wulai Kec.Bambalamotu Mamuju Utara

#Danadesa #Pencerahnusantara #publichealth #Nurse #midwife #doctor #pencerahdesa #akses #pembangunan #pemberdayaanmasyarakatdesa

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis