Kenapa Website Puskesmas Jarang Update, Cari Tahu Jawabannya Disini!

Azuarini Hijah Chahyani

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat
STIKes Surya Global Yogyakarta

Latest posts by Azuarini Hijah Chahyani (see all)

Di era digital dimana teknologi semakin berkembang tentunya media sosial menjadi suatu pilihan favorit untuk dijadikan sumber referensi untuk memperoleh informasi. Hal ini didukung fasilitas yang diberikan media sosial kepada penggunanya, dimana mereka dapat dengan mudah mengakses informasi apapun, dan selalu terupdate setiap harinya, termasuk salah satunya update informasi kesehatan.

Di bidang kesehatan tentunya media sosial sangat berperan sebagai media edukasi promosi kesehatan. Menurut saya, hal ini sangat efektif, selain murah, penggunaan media sosial dapat menjangkau audience secara luas, namun tertarget.

Hanya saja, karena cepatnya informasi yang dapat disebarluaskan melalui media sosial, banyak juga informasi kesehatan yang tidak benar “hoax” kita jumpai di media sosial sehingga masyarakat pun dibuat bingung.

Sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat, hendaknya tenaga kesehatan memiliki pengetahuan, dan juga kemampuan yang memadai dalam mengelola media sosial. Hal ini bertujuan agar kita tenaga kesehatan dapat menyediakan informasi yang aktual dan berimbang, dan tentunya lebih dapat dipercaya oleh masyarakat dalam mendapatkan sumber informasi kesehatan.

Akan tetapi, penggunaan web dan media sosial ini belum sepenuhnya digunakan secara maksimal. Contohnya bisa kita lihat website Puskesmas yang tidak semua puskesmas mampu mengelola, update website mereka secara cepat, sehingga website puskesmas dibiarkan begitu saja tanpa digunakan secara maksimal.

Padahal, kalau website ini dikelola dengan baik, tentunya kegiatan promotif dan preventif dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Entah apa alasannya, tidak tersediaanya sumber daya yang memadai untuk mengelola website puskesmas atau petugasnya saja yang malas untuk mengupdate, hal ini masih perlu untuk dikupas secara mendalam. Oleh karena itu, tenaga kesehatan menguasai media sosial adalah sangat penting, mengingat media sosial di era saat ini merupakan pilihan favorit masyarakat untuk memperoleh informasi.

Belajar Menulis & Kelola Media Sosial Bersama Kesmas-ID

Azuarini Hijah Chahyani

Saya pertama kali mengenal Kesmas.ID saat ikut suatu organisasi di kampus saya. Saya tidak sengaja melihat kakak-kakak senior yang menggunakan kaos bertuliskan Kesmas.ID, kemudian saya bertanya sama temen saya tapi tidak mendapatkan jawaban akhirnya saya cari di Instagram dan mulai searching soal Kesmas.ID.

Sampailah akhirnya saya berkesempatan untuk ikut Pelatihan Menulis & Kelola Media Sosial bersama Kesmas.ID. Dan tulisan ini, merupakan langkah awal saya untuk Up Grade kapasitas diri saya, agar kedepan lebih mampu dan memiliki skill menjawab tantangan tenaga kesehatan seperti cerita diatas.

Sharing is caring!

(Visited 196 times, 1 visits today)