Kepala Desa Katongan Siap Distribusi Stimulan Jambanisasi Untuk 120 KK
Alhamdulillah, tahun ini sudah akan terbangun jamban sebanyak 120 KK di desa Katongan" ujar Pak Harto selaku koordinator kader.

Katongan (11/5/2017), Senyum bahagia anggota kelompok tabungan jamban dusun Jeruk legi membuat suasana kegiatan pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh Fasilitator PKPU dan kader klaster berdaya desa Katongan menjadi semakin meriah.

Suasana bahagia tersebut tercipta dari sambutan Pak Sutrisna selaku kepala desa Katongan yang hadir dalam pendampingan masyarakat dusun Jeruk legi tersebut menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah melakukan tabungan jamban untuk meningkatkan sanitasi masyarakat.

BACA JUGA:  2019, Universal Akses Sanitasi dan Air Minum Bagi Masyarakat

Beliau menyatakan bahwa untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah desa akan memberikan stimulan jambanisasi kepada seluruh warga desa Katongan yang belum memiliki jamban dengan cara bertahap, termasuk warga dusun Jeruk legi yang belum memiliki jamban. Sebagaimana yang sudah direncanakan sebelumnya yaitu sebanyak 120 KK untuk 1 desa dan 34 KK untuk dusun Jeruk legi, dengan rencana stimulan akan diberikan pada Hari Minggu, 14 Mei 2017.

Selain di dusun Jeruk legi, nantinya untuk Stimulan jamban akan diberikan kepada kelompok tabungan jamban di 5 Pedukuhan lainnya yang ada di desa Katongan. Pemberian stimulan jambanisasi sejumlah 120 KK ini merupakan program trobosan terbaru di desa Katongan untuk meningkatkan sanitasi masyarakat. Dimana hal ini merupakan hasil dari advokasi yang dilakukan oleh kader Klaster berdaya desa Katongan kepada pemerintah desa Katongan akan pentingnya peningkatan sanitasi masyarakat, khususnya dalam hal kebutuhan jamban, demi terciptanya masyarakat yang sehat.

BACA JUGA:  Kader Bersama Anggota Tabungan Jamban Pelopori Sedekah Sampah Di PKK

Rendahnya tingkat ekonomi masyarakat yang menjadi salah satu faktor yang membuat kader klaster berdaya desa Katongan bersama Fasilitator PKPU untuk melakukan advokasi ke pemerintah desa. Harapannya bisa meringankan pendanaan masyarakat dalam membangun jamban, sehingga dengan pertimbangan di atas akhirnya pemerintah desa menyatakan siap untuk menganggarkan stimulan jambanisasi sebanyak 120 KK pada tahun pertama dan sisanya akan di anggarkan pada tahun 2018.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di balai dusun Jeruk legi tersebut, Pak Harto selaku ketua kader juga memberikan motivasi kepada warga agar bisa bergotong royong dalam membangun jamban sehingga akan lebih ringan dalam pembangunan. Beliau juga memotivasi masyarakat untuk terus meningkatkan sanitasinya dengan adanya pendampingan rutin yang dilaksanakan oleh PKPU, kader klaster berdaya dan dukungan pemerintah desa. “Alhamdulillah, tahun ini sudah akan terbangun jamban sebanyak 120 KK di desa Katongan” ujar Pak Harto selaku koordinator kader.

BACA JUGA:  Dalam Rangka PBL, Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Ini Wujudkan Pilar ke-5 STBM di Desa Tajau Mulya

Sharing is caring!

(Visited 227 times, 1 visits today)