Kharisma dan Pesona Jogja, Kunci Strategi Pemasaran Bapelkes DIY

Kharisma dan Pesona Jogja, Kunci Strategi Pemasaran Bapelkes DIY
Karisma dan Pesona Jogja dimanfaatkan oleh Bapelkes DIY dalam menjalankan strategi pemasaran produknya.

Siapa yang tak kenal kota ini? Jogja merupakan kota yang terkenal dengan Kharisma dan pesonanya sebagai Kota Pendidikan, Budaya dan Pariwisata. Hal ini menarik bagi siapapun yang belum dan pernah datang ke Jogja. Jogja banyak membuat orang jatuh cinta. Jatuh cinta dengan budayanya, jatuh cinta dengan alamnya, jatuh cinta dengan sejarahnya dan jatuh cinta dengan keistimewaannya.

Karisma dan Pesona Jogja inilah yang dimanfaatkan oleh Bapelkes DIY dalam pemasaran produknya. Pemasaran Bapelkes selama ini sudah dilakukan dengan berbagai metode dan dilakukan secara berkelanjutan agar terus dapat menjalankan tupoksinya. Bapelkes DIY menjalankan tupoksinya sejalan dengan visi Pemerintah Propinsi DIY tahun 2020 yaitu “Terwujudnya DIY Sebagai Pusat Pendidikan, Pusat Budaya dan Daerah Tujuan Wisata Terkemuka”. Pemasaran Bapelkes DIY berupaya mengacu pada 4 P bauran pemasaran atau marketing mix, antara lain:

  1. Product (produk)
BACA JUGA:  Pelatihan Jabatan Fungsional Tertentu Rumpun Kesehatan di BAPELKES

Pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan Bapelkes DIY merupakan pelatihan yang terakreditasi, karena dilaksanakan di lembaga diklat terakreditasi secara institusi oleh Badan PPSDM Kemenkes RI.

  1. Price (harga)

Penggunaan ruangan Bapelkes menggunakan standar harga yang sudah ditetapkan dengan Retribusi Propinsi DIY. Hal ini menjadi salah satu daya tarik karena harga yang ditawarkan sangat kompetitif.

  1. Place (tempat)

Lokasi Bapelkes DIY juga merupakan salah satu daya tarik, terutama bagi peserta pelatihan yang berasal dari luar DIY. Peserta akan diberikan waktu dimana mereka dapat berjalan-jalan menikmati suasana Jogja dan berburu oleh-oleh khas Jogja. Jadi, selain mereka dapat melaksanakan pelatihan atau praktek lapangan, mereka juga mendapat keuntungan menikmati keindahan destinasi wisata di Propinsi DIY, memperoleh pengalaman lintas budaya dalam kehidupan masyarakat tradisional Jogja serta referensi apabila akan kembali ke Jogja atau melanjutkan studi di Jogja.

  1. Promotion (promosi)
BACA JUGA:  Pelatihan Jabatan Fungsional Tertentu Rumpun Kesehatan di BAPELKES

Kegiatan promosi yang sudah dilakukan Bapelkes antara lain promosi menggunakan poster, sticker, majalah, serta personal selling.

Dalam rangka pengembangan pemasaran, Bapelkes DIY terus berbenah dan meningkatkan performa layanan agar tingkat kepuasan pelanggan meningkat serta melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait. Hal ini bertujuan memperluas jangkauan pemasaran dan memberikan informasi yang lebih menarik tentang keistimewaan Jogja dan Bapelkes DIY.

SUMBER: Majalah Pemasaran Bapelkes, Ed Oktober 2016

Sharing is caring!

(Visited 106 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *