KKN, Mahasiswa Undip Ajarkan SADARI Kepada Remaja di Desa Ini
Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2019 edukasi Remaja Desa Banjiran tentang SADARI, Periksa Payudara Sendiri, Jum’at 25 Januari 2019, di Balai Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.

Yuni Prihatinningtyas

Mahasiswa FKM Undip

Latest posts by Yuni Prihatinningtyas (see all)

Kegiatan Aku Sadar SADARI (Periksa Payudara Sendiri) merupakan kegiatan edukasi tentang pentingnya periksa payudara sendiri secara rutin yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at 25 Januari 2019 di Balai Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Acara ini dihadiri oleh pemudi dari IPPNU dan Fatayat Desa Banjiran.

Dalam kegiatan ini dilakukan edukasi mengenai bahaya dari kanker payudara, faktor risiko dan cara pencegahannya. Selain edukasi, peserta juga diarahkan untuk mempraktikkan Pemeriksaan Payudara Sendiri agar setelah kegiatan pemudi desa Banjiran dapat melakukan secara rutin di rumah masing-masing.

BACA JUGA:  5 Mahasiswa FKM Undip Ciptakan Hand Sanitizer Dari Ekstrak Daun Trambesi

Edukasi Sadari KKN Mahasiswa Undip

Pemilihan topik ini bukan tanpa dasar,  karena sebelumnya mahasiswa KKN Tim 1 Undip telah melakukan wawancara serta identifikasi masalah dengan tenaga kesehatan desa, Puskesmas serta Kepala Desa Banjiran. Hasil wawancara dengan Kepala Desa Banjiran, sampai akhir tahun 2018 penyakit tidak menular bertambah banyak dan belum pernah dilakukan edukasi tentang pemeriksaan payudara untuk remaja di desa.

Harapannya setelah mahasiswa selesai melakukan KKN di Desa Banjiran, kegiatan SADARI terus berlanjut dan peserta kegiatan edukasi SADARI dapat menjadi kader untuk mencegah kanker payudara dengan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin.

Aku Sadar SADARI, Periksa Payudara Sendiri

Sharing is caring!

(Visited 47 times, 1 visits today)