KKN, Mahasiswa UNDIP Rintis Bank Sampah di Desa Ini
Adanya penumpukan sampah dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat. Selain itu, sampah yang terkumpul dan ditabung di Bank Sampah dapat menghasilkan uang yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Mengori, Pemalang, Minggu 10 Februari 2019 telah berlangsung penyuluhan program multi disiplin TIM 1 KKN Undip Desa Mengori mengenai pembentukan Bank Sampah yang diadakan di Balai Desa Mengori. Acara tersebut berlangsung dari pukul 16.00 WIB sampai selesai dalam acara PKK Induk Desa Mengori.

Sebelumnya penyuluhan pembentukan Bank Sampah juga telah dilaksanakan di PKK setiap RW Desa Mengori, yaitu mulai dari RW 1 sampai dengan RW 4. Kegiatan penyuluhan pembentukan Bank Sampah pada PKK Induk dihadiri oleh ibu Uswatun Khasanah selaku Ketua PKK Desa Mengori, seluruh pengurus PKK, anggota PKK se-Desa Mengori, dan Mahasiswa KKN Undip Desa Mengori. Terdapat 50 orang yang menghadiri acara penyuluhan ini.

BACA JUGA:  KKN, Mahasiswa Undip Ajarkan SADARI Kepada Remaja di Desa Ini

Dalam penyuluhan pembentukan Bank Sampah, mahasiswa KKN memaparkan bagaimana prosedur dan langkah-langkah penabungan Bank Sampah. Selanjutnya dipaparkan pula tentang pemilahan sampah organik dan sampah an-organik.

Bank Sampah Desa Mengori bernama “1 Mom’s Kuat Resik” yang diketuai oleh Ibu Roifah. Bank sampah Desa Mengori ini sudah terdaftar di Bank Sampah Induk. Pembentukan Bank Sampah ini bertujuan untuk mengurangi sampah serta mengelola hasil limbah rumah tangga yang saat ini semakin mencemari lingkungan.

Adanya penumpukan sampah dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat. Adanya wabah penyakit yang ditimbulkan dari sampah, terlebih pada sampah yang sulit terurai. Selain itu, sampah yang terkumpul dan ditabung di Bank Sampah dapat menghasilkan uang yang dapat diambil pada kurun waktu yang telah ditentukan. Kedepannya Bank Sampah Desa Mengori ini diharapkan dapat bekerja sama dengan BUMDes.

BACA JUGA:  Masyarakat Jakarta Mungkin Lebih Sehat Seandainya Jakarta Lebaran Tiap Hari

Sharing is caring!

(Visited 109 times, 1 visits today)