KKN UNDIP, Mahasiswa Ajak Kader Posyandu Kawal Gizi Balita
Mahasiswa KKN UNDIP Fakultas Kesehatan Masyarakat mengedukasi dan memberikan pelatihan mengenai pengenalan awal gizi pada balita kepada Kader Posyandu Desa Karangasem Rembang.
Latest posts by Anna Alif Mu'alimah (see all)

Karangasem, Rembang – (31/1), kegiatan Kawal Gizi Balita dilakukan oleh KKN TIM I UNDIP 2019 yang berlokasi di Desa Karangasem, Kec. Sedan, Kab. Rembang.

Anggota KKN TIM I UNDIP 2019 sendiri terdiri dari 1) Hristo Anggigi (Teknik Perkapalan), 2) Anna Alif Mu’alimah (Teknik Kimia), 3) Fadhil Muhammad Fauzan (Teknik Mesin), 4) Minanti Nurul Hikmah (Fakultas Pertanian dan Peternakan), 5) Desham Putra Rahmadana (Fakultas Pertanian dan Peternakan), 6) Aqilatul Munawaroh (Fakultas Kesehatan Masyarakat).

BACA JUGA:  Ini Lho Pentingnya K3 Dalam Rumah Tangga

Kegiatan Kawal Gizi Balita ini merupakan suatu kegiatan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan awal gizi pada balita kepada kader-kader Posyandu Desa Karangasem mengenai cara mengenali kondisi status gizi balita dengan narasumber Aqilatul Munawaroh.

Selain itu, pada kegiatan ini kader posyandu diajak untuk menghitung dan membaca KMS (Kartu Menuju Sehat) dengan benar. Pembacaan KMS penting untuk mengawasi dan menindak lanjuti pertumbuhan anak-anak seiring waktu.

Para kader posyandu mendapat informasi mengenai plot bb/ pb/ lingkar kepala yang sesuai dengan usia balita dan bb yang sesuai dengan Panjang badannya di kurva masing-masing. Dari hasil-hasil pemeriksaan tersebut dapat diketahui apakah balita dalam kondisi cukup gizi, atau mengalami gizi buruk dan stunting.

Harapannya setelah sosialisasi dan pelatihan tersebut kader-kader posyandu dapat lebih memahami dan mampu dalam melakukan penentuan status gizi balita sehingga performa kader posyandu menjadi lebih baik dan kondisi gizi balita menjadi lebih terpantau.

BACA JUGA:  Volunteer Sahabat Desa Untuk Penanggulangan Stunting, Yuk Ikutan!

Sharing is caring!

(Visited 134 times, 1 visits today)