Lawan DBD, Puskesmas Ciledug Luncurkan RAK ANTI NAKO

Adanya kasus DBD di awal tahun 2020 di Kecamatan Ciledug membuat kami Tim Puskesmas Ciledug tercengang, begitupun yang dirasa oleh para lintas sektor di wilayah Kecamatan Ciledug, apalagi yang terkena yaitu anak usia Sekolah Dasar (SD).

Akhirnya kami tim Puskesmas Ciledug berunding bersama mencari jalan keluar, mencari terobosan baru, mencari inovasi baru untuk mengentaskan masalah si monster kecil mematikan (nyamuk DBD).

Puskesmas Ciledug Luncurkan RAK ANTI NAKO

Setelah berunding bersama, muncul inovasi untuk mengentaskan kejadian DBD di usia anak Sekolah Dasar (SD) yaitu RAK ANTI NAKO singkatan dari “Gerakan Anti Jentik Anak Sekolah”. Kegiatannya yaitu edukasi dengan berbagai macam media kepada siswa siswi SD di setiap SD di wilayah kerja Puskesmas Ciledug mengenai DBD, PSN, 4M Plus (Menutup tempat penampungan air, Menguras Bak Mandi, Mengubur barang bekas, Memantau jentik nyamuk).

Setelah edukasi dilakukan pemantauan jentik nyamuk, sehingga siswa-siswi SD mampu memantau jentik dan menjadi juri pemantau jentik cilik di sekolahnya bahkan di rumahnya.

Puskesmas Ciledug Lawan DBD

Kegiatan ini dilakukan serentak pada tanggal 24 Januari 2020 ke 24 SD/MI se-kecamatan Ciledug. Kegiatan ini dilakukan oleh 30 orang karyawan Puskesmas Ciledug yang terbagi menjadi 15 tim, terdiri dari kolaborasi profesi yaitu Dokter, Perawat, Bidan, Promkes dan Tenaga Pelaksana Gizi.

Harapannya dengan adanya inovasi kegiatan RAK ANTI NAKO ini pertama dapat menurunkan angka kejadian DBD di Kecamatan Ciledug, bahkan semoga tidak ada lagi kejadian DBD di Kecamatan Ciledug. Semoga ke depannya nanti tak hanya SD/MI saja yang diadakan kegiatan ini, namun tingkat SMP, SMA/SMK pun di wilayah kerja Puskesmas Ciledug juga.

RAK ANTI NAKO Puskesmas Ciledug

Kegiatan Inovasi ini didukung oleh berbagai Lintas Sektor, termasuk Camat Ciledug, Bapak Korwil Pendidikan Kecamatan Ciledug, Para Kepala SD dan Guru2 SD di wilayah kecamatan Ciledug.

Sharing is caring!

(Visited 126 times, 1 visits today)