Lebih Dekat Dengan Poskestren Miftahul Ulum Al Yasini Pasuruan
Diskusi Penggerak Pesantren Sehat kali ini menghadirkan Maulidah Nur Atiqoh, S.Kep. Ns., selaku pengelola Poskestren Miftahul Ulum Al Yasini, Pasuruan.
Spread the love

Pesantren Sehat Nusantara (PSN) sebagai gerakan santri bersama untuk mewujudkan pesantren sehat di seluruh Indonesia, kembali mengadakan Diskusi online “Ngetren, Ngobrolin Kesehatan Pesantren” pada Senin, 9 September 2019 lalu.

Poskestren Miftahul Ulum Al Yasini Pasuruan

Diskusi via WA Group Penggerak Pesantren Sehat (Media official PSN) ini menghadirkan pemateri Maulidah Nur Atiqoh, S.Kep. Ns., selaku pengelola Poskestren Miftahul Ulum Al Yasini, Pasuruan. Diskusi kali ini diikuti 200 peserta aktif di WAG dari berbagai kalangan; santri, pengurus/pengajar pesantren, tenaga kesehatan, pengelola lembaga pendidikan kesehatan, pemerhati kesehatan, ormas kesehatan, dll.

Berikut ini ringkasan diskusi kami untuk anda.


Poskestren Miftahul Ulum Al Yasini, Pasuruan

 

PP Terpadu Al Yasini berdiri tahun 1940, yang dirintis oleh KH Yasin bin Abdul Ghoni, namanya kemudian diabadikan menjadi nama pesantren tersebut. PP Al Yasini merupakan pondok pesantren yang berfokus pada pendidikan diniyah sekaligus pendidikan formal, dengan pendidikan mulai dari RA hingga Perguruan Tinggi. Maka tak heran dengan banyaknya lembaga yang ternaungi dibawah PP Alyasini, saat ini jumlah santri mukim putra dan putri lebih dari 3.000 santri, menunjukan bahwa sepak terjang PP Al Yasini dibidang kepesantrenan tidak perlu diragukan.

BACA JUGA:  Ngetren ke-3: Inspirasi Dari Poskestren PP Matholi’ul Anwar Lamongan

Pos Kesehatan Putra PP Miftahul Ulum Al Yasini

Seperti halnya pondok pesantren pada umumnya, PP Al Yasini juga tak lepas dari permasalahan kesehatan. Masalah kesehatan utama yang sering ditemui di ponpes ini ialah penyakit yang menyerang para santri, diantaranya influenza, diare dan scabies. Selain itu padatnya kegiatan juga disinyalir menjadi penyebab ditemukanya penyakit gastritis pada santri.

Layanan kesehatan di PP Al Yasini dibagi menjadi tiga bagian, yakni Poskestren, Kesehatan Putra dan Kesehatan Putri. Kesehatan putra dan putri merupakan tempat penanganan pertama bagi santri yang sakit, bisa dibilang tempat transit sebelum santri dibawa ke Poskestren untuk ditindaklanjuti. Sedangkan Poskestren berperan sebagai Pusat Layanan Informasi, Pemeriksaan, dan Pengobatan santri ketika mengalami masalah kesehatan.

Pos Kesehatan Putri PP Miftahul Ulum Al Yasini.jpg

Program kesehatan yang diselenggarakan oleh Poskestren PP Al Yasini mencakup dua hal utama, yakni program Kuratif dan Preventif. Program Kuratif merupakan pelayanan pengobatan yang dilakukan di Poskestren, penggunaan obat yang diberikan kepada santri dibawah pengawasan dokter penanggung jawab Poskestren.

Untuk kasus yang tidak dapat ditangani di Poskestren akan di rujuk ke Puskesmas. Bisa dibilang bahwa program Kuratif di PP Al Yasini sudah bagus, hal ini dapat dilihat dari adanya kartu berobat hingga rekam medis para santri, hal ini tentu sangat bermanfaat untuk melihat riwayat kesehatan santri terkait.

BACA JUGA:  Kemenkes Bersama LK-PBNU Gelar Lokakarya Wujudkan Pesantren Sehat di Cirebon

Program preventif, sebagaimana kita ketahui merupakan program pencegahan sebelum seorang mengalami kesakitan. Program preventif yang dilakukan oleh Poskestren Al Yasini meliputi empat hal, yakni penyuluhan (edukasi terkait kesehatan santri), Santri Husada (Pelatihan kesehatan bagi santri), Satu Asrama Satu P3K, dan Pengelolaan lingkungan (piket atau roan).

Santri Husada PP Miftahul Ulum Al Yasini

Salah satu hal menarik yakni program kerja Santri Husada. Program ini merupakan kegiatan pelatihan kesehatan yang diberikan kepada santri supaya menjadi garda terdepan dalam menangani masalah kesehatan. Hal menarik lainnya yakni ketika para kader Santri Husada mampu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk menjadi tenaga medis dalam acara Pospeda Pasuruan.

Tanya Jawab Diskusi

Muhammad Aulia Fahmi

(Q) Bagaimana penanganan kedaruratan diluar jam buka Poskestren?

(A) Untuk penanganan diluar jam Poskestren kita mengandalkan santri yang stand by di kesehatan putra atau putri, sedangkan tenaga medis akan menangani setelah dihubungi, metede on call ini diterapkan lantaran tidak adanya tenaga medis yang stanby 24 jam.

(Q) Bagaimana garis koordinasi antara Poskestren dengan Puskesmas setempat?

(A) Untuk koordinasi dengan Puskesmas, kami tetap dibawah tanggung jawab dan pengelolaan Puskesmas, saat ini kami dinanungi oleh dua Puskesmas, yakni Puskesmas Ngempit dan Puskesmas Wonorejo.

Rizqiana Adawiyah

(Q) Bagaimana pengelolaan dan manajemen dana Poskestren, terutama terkait sumber pemasukan?

(A) Untuk dana kesehatan kami mengandalkan iuran santri sebesar 50.000 per tahun. Dana yang terkumpul kemudian dikelola untuk pembelian obat, alat kesehatan dan keperluan rujukan faskes.

BACA JUGA:  Ini Dia Poskestren Teladan se-Kabupaten Rembang

Annisa Fitria

(Q) Apakah Poskestren Al Yasini juga menangani obat dengan injeksi?

(A) Sampai saat ini kami tidak ada pelayanan injeksi, jadi obat yang diberikan hanya oral atau obat minum.

Ghilman Darmawan

(Q) Seberapa optimalkah peran Santri Husada di Pesantren Al Yasini sebagai perpanjangan tangan tenaga kesehatan?

(A) Dengan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki, santri akan membantu merawat santri yang sedang dirawat di ruang kesehatan. Setiap pagi kader santri husada akan mengecek TTV. Selain itu kader yang tersebar di asrama juga mampu melakukan penanganan pertama di asrama.


Harapan dengan adanya kegiatan diskusi ini ialah adanya pertukaran informasi, berbagi motivasi serta memberi gambaran tentang program Poskestren yang berjalan di pesantren. Lebih jauh lagi, dengan pertukaran informasi mengenai program preventif yang dilaksanakan poskestren dengan melibatkan santri, diharapkan santri mampu dan mau menjadi garda terdepan dalam menangani masalah kesehatan di pesantren masingmasing, sehingga slogan dari, untuk dan oleh santri mampu diaplikasikan untuk menangani masalah kesehatan.

Penulis:
Widya Prayoga
Tim Informasi dan Kreasi PSN

Anda masih dapat mengikuti diskusi ini melalui kolom komentar.
Pertanyaan akan dijawab oleh narasumber.

Sharing is caring!

(Visited 73 times, 1 visits today)