You are here
Home > Kabar Kampus > LIPUTAN: Pembangunan Kesehatan Manusia Indonesia Seutuhnya

LIPUTAN: Pembangunan Kesehatan Manusia Indonesia Seutuhnya

LIPUTAN, Pembangunan Kesehatan Manusia Indonesia Seutuhnya

Sharing is caring!

Disampaikan Oleh: Pramukti Dian Setianingrum, SKM, M.Kes

[Dosen IKM STIKes Surya Global Yogyakarta – Pengampu peminatan Kesehatan Reproduksi]

Reporter: Aem
Editor: Amru


Upaya Membangun Kesehatan Manusia Seutuhnya

Upaya kesehatan harus dilakukan pada anak sedini mungkin, dan harapannya saat masih didalam kandungan pun kondisi pembangunan kesehatan ini sudah mulai dilaksanakan oleh ibu hamil yang siap untuk merencanakan sukses kehamilannya.

Berdasarkan data dari standar pelayanan minimal balita, untuk jawa tengah sendiri angka yang didapatkan masih dibawah standar dari PERMENKES RI No. 741 tahun 2008 bahwa standar pelayanan minimal itu harus 90%.

Akan tetapi untuk di Jawa Tengah sendiri masih dibawahnya, yaitu 86,82%. Untuk salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah yaitu Sukoharjo saja masih menempati posisi 67,74% yang masih cukup jauh dari standar pelayanan minimal yaitu 90%.

Pentingnya pelayanan pada anak balita ini untuk mengintervensi sekaligus bisa mendeteksi dini atas gangguan yang mungkin timbul sejak anak masa pertumbuhan atau golden age dimana pada anak usia 0-5 tahun akan banyak mengalami perubahan dan perkembangan baik secara fisik ataupun secara psikis nya. Sehingga perlu sekali adanya deteksi dini oleh para tenaga kesehatan dibidang nya termasuk untuk bisa mengatasi sedini mungkin anak autis ataupun perkembangan motorik yang saat ini sudah mengalami banyak perubahan akibat dari pola makan ataupun status kehamilan si ibu-nya.

Untuk mewujudkan pelayanan balita yang bisa mencapai target 90% diharapkan bukan hanya dari stakeholder saja tapi juga masyarakat termasuk orangtua bukan hanya seorang ibu, tapi juga bapaknya, ataupun keluarga terdekatnya.

Dengan harapan, ini bisa menjadi acuan untuk para tenaga kesehatan lainnya dalam upaya untuk bisa meningkatkan mendeteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak supaya bisa menjadi generasi bangsa yang sehat, karena memang dimulai sejak usia golden age 0 – 5 tahun.

Sharing is caring!

(Visited 94 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top