Lokmin Puskesmas Ngawen 2, Inovasi Posbindu Remaja Jadi Sorotan
Dalam lokmin kali ini, para peserta pun memberikan tanggapan mengenai kegiatan Posbindu Remaja, salah satu program inovasi Puskesmas yang berjalan saat ini.

dr. Wisnu Wardana

Puskesmas Ngawen 2 Kab. Gunung Kidul

Latest posts by dr. Wisnu Wardana (see all)

Senin 22 April 2019, bertempat di Aula Puskesmas Ngawen 2 Gunung Kidul, telah dilaksanakan Lokakarya Mini, Perencanaan Tingkat Puskesmas Th 2020.

Kegiatan lokmin Puskesmas ini dihadiri oleh staf Puskesmas Ngawen 2, perwakilan staf Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Sekolah SMP dan SMK, dan Kepala Desa se wilayah kerja Puskesmas Ngawen 2.

Dalam kesempatan kali ini, Jumantoro, SSit, MM selaku Kepala Puskesmas Ngawen 2 memaparkan hasil kerja Puskesmas tahun 2018, sekaligus menyampaikan beberapa rencana kegiatan untuk tahun 2020 mendatang.

BACA JUGA:  Refleksi Pelantikan Laskar Nusantara Sehat

Dalam diskusi lokmin kali ini, para peserta pun memberikan tanggapan mengenai kegiatan Posbindu Remaja, yang merupakan salah satu program inovasi Puskesmas yang berjalan saat ini.

Saat ini SMKN 1 mengembangkan. Inovasi pencegahan dini penyakit tidak menular dengan membentuk posbindu ptm remaja bekerjasama dengan puskesmas Ngawen II dengan inisiator inovasi adalah dr. Novi Fitriyani dan tim PTM puskesmas Ngawen II.

Februari lalu, bekerjasama dengan SMKN 1 Ngawen, dirintis Posbindu PTM Remaja pertama kali di Kabupaten Gunung Kidul yang ada di sekolah. Umumnya posbindu ada di kegiatan di masyarakat di dusun-dusun atau di desa. SMKN 1 Ngawen menjadi sekolah model pencegahan penyakit tidak menular dengan Posbindu PTM remaja di sekolah melalui tutor sebaya dengan sistem multi level edukasi.

BACA JUGA:  Siswa SMA di Kecamatan Pulau Merbau Dapat Muatan Lokal Ilmu Kesehatan Remaja

Harapannya, dengan adanya lokakarya mini semacam ini, pembangunan kesehatan khususnya di wilayah kerja Puskesmas Ngawen 2 dapat berkesinambungan, melalui inovasi-inovasi dari Puskesmas Ngawen 2 yang juga melibatkan partisipasi masyarakat, dan dukungan lintas sektor terkait.

Sharing is caring!

(Visited 235 times, 2 visits today)