Mahasiswa Pascasarjana Uhamka Tingkatkan Peran Kader Paguyuban TBC

Siti Hasanah Wati, SKM

Mahasiswa Pascasarjana Kesmas UHAMKA

Latest posts by Siti Hasanah Wati, SKM (see all)

Sekolah Pascasarjana UHAMKA melalui mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat terlibat dan berkontribusi  dalam meningkatkan peran kader paguyuban TBC Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon dalam rangkaian kegiatan mulai dari jalan santai, sarapan sehat serta pemeriksaan kesehatan gratis, Sabtu (24/8/2019) lalu.

Kader Paguyuban TBC Kelurahan Kubangsari

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Peningkatan Peran Kader Paguyuban TBC Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon tahun 2019 Dalam Rangka Memperkuat Kecamatan Ciwandan Bebas TBC’

Kegiatan merupakan rangkaian pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Menurut Ketua Panitia Siti Hasanah Wati, SKM mengatakan, pengabdian kepada masyarakat ini sendiri merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik antara pihak perguruan tinggi, terutama mahasiswa dengan masyarakat sekitarnya sekaligus sebagai perwujudan selaku makhluk sosial.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali  Pada tanggal 14 Agustus 2019 yang bertempat di Aula Puskesmas Ciwandan yaitu kegiatan Revitalisasi Kader Paguyuban TBC, dan pada tanggal 15 – 16 Agustus 2019 adalah kegiatan pelatihan dan komunikasi kepada kader paguyuban TBC Kecamatan Ciwandan yang bertempat di Aula Kelurahan Kubang Sari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Ups, 1.000 Warga Jogja Terserang TBC Setiap Tahun

Ia selaku ketua panitia kegiatan pengabdian masyarakat mengucapan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh warga masyarakat di Kubang Sari atas partisipasinya, sekaligus meminta kepada warga di Kubang Sari agar membuka diri saat Para Kader Paguyuban TBC melakukan ‘Ketuk Pintu’ yang akan dilaksanakan mulai esok hari tanggal 25 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 1 September 2019.

“Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya adalah “Ketuk Pintu” yang akan dilaksanakan oleh Kader Paguyuban TBC didampingi oleh Mahasiswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan berakhir pada tanggal 12 September 2019, kemudian Pencatatan dan Pelaporan hasil dari “Ketuk Pintu” yang akan kami berikan kepada seluruh stakeholder terkait yang direncakanan akan dilakukan pada minggu kedua bulan September tahun 2019.”

Selain itu dalam sambutannya, Camat Ciwandan Agus Ariyadi, dengan semangatnya yang diikuti oleh seluruh masyarakat yang hadir meneriakkan kegaiatan tersebut dengan selogan Ciwandan ‘Kepercayaan Untuk Amanat Terbaik’ (KUAT)

“Pasti mengapresiasi kegiatan seperti ini dimana kegiatan ini sangat penting di butuhkan masyarakat luas, semoga pengabdian ini berjalan lancar tanpa kendala apapun,” ujarnya.

Di tempat yang sama Drg. Ninik Harsini, M.Kes dalam sambutannya menceritakan sejarah terbentukkan Paguyuban TBC hingga akhirnya pada bulan April tahun 2018 secara resmi Ciwandan menjadi Kecamatan Bebas TBC.

BACA JUGA:  Lebih Dekat Dengan Kesehatan Lansia, Mahasiswa Kampus Ini Kunjungi Rumah Pelayanan Sosial Lansia Budhi Dharma Yogyakarta

“Terima kasih kepada seluruh lintas sektor yang telah memperbolehkan dan mendukung panitia dalam melakukan rangkaian kegiatan di Kelurahan Kubangsari dan berharap seluruh anggota masyarakat bersedia untuk dimintai data pada saat ‘ketuk pintu’ dilakukan,” ucapnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 06.00 WIB, bertempat di halaman rumah milik Bapak H. Hasbi Siddik, ST., MM selaku Tokoh Masyarakat di lingkungan Penauan, Kelurahan Kubangsari. Acara ini juga dihadiri oleh masyarakat Kubangsari yang berjumlah 300 orang, mulai dari anak-anak usia pra sekolah, remaja, karang taruna, ibu-ibu, bapak-bapak dan para tokoh masyarakat , tokok agama.

Kemudian pada pukul 08.00 WIB Pembagian Sarapan Sehat untuk seluruh peserta jalan sehat, dan secara bersamaan dilaksanakan juga kegiatan pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, bina suasana bersama anak-anak usia sekolah, serta pembagian berbagai macam doorprize kepada masyarakat dan berakhir pada pukul 10.30 WIB.

Pemeriksaan kesehatan yang disediakan panitia berupa pemeriksaan tensi dan berat badan, Gula Darah Sewaktu dan pemeriksaan Asam Urat serta konseling kesehatan. Total masyarakat yang melakukan konseling kesehatan adalah 25 orang, sesuai arahan panitia bahwa masyarakat dengan hasil pemeriksaan kesehatan tidak dalam batas normal maka dianjurkan melakukan konseling kesehatan dengan dr. Sari Herda Putri.

dr. Sari Herda Putri.

Total masyarakat yang melakukan pemeriksaan tensi darah dan berat badan adalah 165 orang, Gula Darah Sewaktu sebanyak  98 orang dan yang melakukan pemeriksaan Asam Urat adalah sebanyak 147 orang.

BACA JUGA:  Ini Peran Puskesmas Curahdami Tekan KIB, TBC dan DBD di Bondowoso

Yang tidak kalah menarik perhatian masyarakat Kubangsari untuk hadir pada kegiatan kali ini adalah doorprize yang disediakan oleh panitia, mulai dari sapu dan pel, piring dan perlengkapan makan lainnya, termos, dispenser, kipas angin, kompor gas, tumbler dan tas sekolah (untuk anak-anak usia dari 15 tahun) dan doorprize utama yaitu 1 buah sepeda.

Kemudian dilanjutkan dengan puncak kegiatan yaitu penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama terlibat dalam meningkatkan peran kader paguyuban TBC Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon tahun 2019 dalam rangka memperkuat Kecamatan Ciwandan bebas TBC.

Dr.Hermawan Saputra SKM., MARS

Kegiatan ini diawali dengan jalan sehat yang secara  resmi dibuka oleh Agus Ariyadi, S,STP., M.Si selaku Camat Ciwandan. Acara ini juga dihadiri oleh Lurah Kubangsari Hj.Wadihah, S.PdI., MM, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Cilegon yaitu Drg. Ninik Harsini, M.Kes, Kepala Puskesmas Ciwandan yaitu dr. Lendy Halyanto, MARS, dan juga Dosen Pengampu Mata Kuliah ‘Community Organization dan Community Development’ yaitu Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kelurahan Kubangsari.

Sharing is caring!

(Visited 65 times, 1 visits today)