Mahasiswa Promkes Ini Ajarkan PHBS Kepada 30 Siswa Madrasah

Mahasiswa Promkes STIKes DHB Ajarkan PHBS Kepada Siswa Madrasah
Penanaman pola hidup bersih dan sehat PHBS merupakan suatu pola yang harus ditanamkan kepada setiap individu yang dimulai sejak dini.

Mahasiswa STIKes Dharma Husada Bandung, Program Studi S1 Kesehehatan Masyarakat jurusan Promosi Kesehatan melakukan praktikum di RT 01/02  Kampung Sukanalega Kelurahan Antapani Tengah Kota Bandung Jawa Barat, membantu menanamkan bagaimana pola hidup bersih dan sehat atau PHBS dengan sasaran anak-anak, Kamis 21 Juli 2018.

BACA JUGA:  Puskesmas Ini Libatkan Mahasiswa Kesmas STIKes Kuningan Dalam Program PIS-PK

Banyak masyarakat sering mengabaikan pola hidup mereka, untuk itu penanaman pola hidup sehat merupakan suatu pola yang harus ditanamkan kepada setiap individu yang dimulai sejak dini.

Mahasiswa Kesmas peminatan Promkes yang tergabung dalam Kelompok 1 berisikan 5 orang anggota melakukan sosialisasi penanaman pola hidup bersih dan sehat pada para anak-anak yang menuntut ilmu agama di Madrasah al-Ikhlas, yang berjumlah sebanyak 30 anak terdiri dari 20 putra dan 10 putri. Dimana kegiatan tersebut meliputi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan anak-anak akan terbiasa dengan mencuci tangan mereka terlebih dahulu sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas. Dengan begitu, hidup sehat akan dimulai sejak kecil, dimana anak-anak dapat mengingat dan melaksanakan pola hidup sehat dimulai sejak dini. Dengan begini, perilaku baik ini menjadi rutinitas yang dapat ditularkan kesesama teman, keluarga atau pun saudara.

BACA JUGA:  Mahasiswa Kesmas STIKKU Turut Dilibatkan Dalam Program BELKAGA

Peran tokoh masyarakat dalam  pelaksanaan sosilisasi mengenai cuci tangan pakai sabun kepada anak-anak di Madrasah al-Ikhlas sangat luar biasa, seperti dicontohkan oleh Pak Ujang Sumpena selaku Ketua RW, begitu wellcome dengan kedatangan serta maksud dan tujuan mahasiswa dari Program Studi Kesmas serta perizinan yang tidak dipersulit.


Angga Sidik Permana
STIKes Dharma Husada Bandung
NIM 40001150045

Sharing is caring!

(Visited 41 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *